Pemerintahan

Wabup H Ready Kambo Ikuti Tatap Muka Menko Pulhukam Dengan Pemerintah Daerah Secara Virtual

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo menghadiri kegiatan Tatap Muka Menko Polhukam dengan Pemerintah Daerah dan Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 secara virtual melalui video conference di Digital Live Room (DLR), Senin (14/12/2020).

Tatap muka dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Hadir pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPU RI Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Pusat RI Abhan serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kegiatan ini diikuti oleh Gubernur/Bupati/Walikota yang didampingi KPU, Bawaslu serta Forkopimda yang melaksanakan Pemungutan Suara Pilkada serentak Tahun 2020 di seluruh Indonesia.

Adapun tema pertemuan yaitu Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam laporannya menyampaikan seluruh Daerah yang melaporkan kepada KPU terkait tingkat partisipasi semuanya mengalami kenaikan pertisipasi. Dalam hal ini, terdapat 3 Daerah yang belum melaporkan terkait data tersebut.

Arief Budiman juga melaporkan hasil monitoring pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan serentak Tahun 2020.

Kondisi umum dilapangan pada saat pemungutan suara, TPS telah memenuhi standar protokol kesehatan, pemilih sebagian besar telah mengikuti protokol kesehatan, ketersediaan logistik pemilihan terpenuhi sesuai kebutuhan.

Petugas KPPS mendatangi pemilih yang sedang menjalankan isolasi mandiri dengan menggunakan baju Hazmat dan saksi serta panwas TPD ada pada setiap TPS.

Sementara itu, kendala di lapangan pada saat pemungutan suara yakni masih terdapat pemilih yang tidak membawa alat tulis sendiri, pemilih kesulitan saat memilih menggunakan sarung tangan plastik, bilik suara khusus tidak terlalu banyak dipergunakan dan teknis pembentukan TPS masih banyak yang belum mengikuti standar sesuai PKPU.

Kondisi umum dilapangan pada saat penghitungan suara yakni petugas KPPS telah memahami dengan baik penggunaan aplikasi SIREKAP, proses penghitungan suara berjalan dengan lancar, saksi di TPS menandatangani hasil penghitungan suara dan hasil penghitungan suara diberikan kepada saksi.

Kendala di lapangan pada saat penghitungan suara yakni petugas KPPS kesulitan dalam mengirimkan hasil foto penghitungan suara ke server SIREKAP dikarenakan jaringan internet yang kurang bagus.

Ketua Bawaslu Pusat RI Abhan dalam laporannya terkait pelaksanaan Pilkada 2020 dalam pengawasan Bawaslu menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran penyelenggara Pemilu karena menjadi tulang punggung didalam penyelengaraan Pilkada Tahun 2020.

Abhan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder baik peserta, partai politik, tim kampanye, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri yang bersama-sama mensukseskan Pilkada Tahun 2020.

Abhan melaporkan berdasarkan Laporan pengawasan di TPS pada Pilkada Tahun 2020 ini terdapat 2.495 TPS tidak ada fasilitas cuci tangan, perlengkapan pemungutan suara kurang sebanyak 3.074, saksi mengenakan atribut Paslon sebanyak 2.533, TPS dibuka lewat Pukul 7 sebanyak 10.983, Surat suara kurang sebanyak 4.007, surat suara tertukar sebanyak 2.135, informasi tentang daftar paslon tidak dipasang 3.504 dan DPT tidk terpasang di TPS sebanyak 2.495.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan tantangan terbesar mengahadapi Pilkada Serentak Tahun 2020 adalah pandemi Covid-19. Tito Karnavian mengatakan target Pilkada Tahun 2020 adalah aman.

“Aman dari gangguan konvensional, aman dari pelangaran Pilkada dan aman dari penularan Covid-19,” tutur Tito Karnavian.

Lebih lanjut Tito Karnavian mengutarakan, untuk partisipasi pemilih yang relatif cukup baik. Dari KPU memberikan target lebih kurang 77,50%. Dilihat dari berbagai tahapan, sejak bulan Juni lalu tidak ada masalah yang terlalu berarti. Selain itu, pada verifikasi pemuktahiran data pemilih terlaksana dengan cukup baik.

Hal senada disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD yang menyampaikan ucapan syukur karena Pilkada Tahun 2020 berlangsung dengan baik. Untuk angka pertisipasinya pada tahun ini naik 75,83 %. (Iwn)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya