Pemerintahan

Masjid Apung Ziyadatul Abrar Tanah Bumbu Diresmikan

BATULICIN – Masjid Apung Ziyadatul Abrar di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Diresmikan Bupati Tanbu  HM Zairullah Azhar, Minggu (26/11/2023).

Peresmian di lakukan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Oleh Bupati Tanbu Zairullah Azhar di dampingi Chief Operating Officer (COO) PT Borneo Indo Bara Ir R Utomo.

Masjid yang berada di atas laut ini merupakan Program CSR PT BIB persembahan untuk masyarakat Tanah Bumbu.

masjid apung

GM CSR PT BIB, Dindin Makinudin mengatakan Mesjid Apung Ziyadatul Abrar ini merupakan program tanggungjawab sosial PT BIB.

“Proses pembangunan Majid ini di awali sejak tahun 2019. Sempat terhenti pada tahun 2020-2021 karena Pandemi Covid-19. Atas komitmen dari pimpinan, maka pembangunanya di lanjutkan pada tahun 2022, dan pada tahun 2023 ini kita resmikan,” ujarnya.

Masjid ini terdiri dari 2 lantai. yakni lantai satu ruang serbaguna untuk kegiatan majelis taklim dan pendidikan agama. Sedangkan lantai kedua yakni untuk kegiatan ibadah sholat.

Kapastitas masjid dapat menampung 700 sampai 1.000 orang. Termasuk ada dua gazebo di kiri dan kanan.

“Total biaya pembangunan Masjid Ziyadatul Abrar sebesar Rp 43 Milyar,” ujarnya.

Ia berharap masjid ini menjadi syiar keagamaan dan juga menjadi icon bagi wisata religi kebangagaan masyarakat Tanah Bumbu khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

COO PT Borneo Indo Bara Ir R Utomo, mengatakan masjid apung ini merupakan yang pertama di Tanbu bahkan pertama di Kalimantan Selatan.

“Desain masjid ini mencerminkan kekhasan masyarakat Tanah Bumbu yang agamis,” sebutnya.

Ia juga mengatakan akan melengkapi fasilitas bangunan Masjid Apung ini dengan lift untuk difabel dan lansia.

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar mengatakan pemerinatah daerah mengucapkan terimakasih dan kedepannya akan di upayakan mmebangun Islamic Center.

Terkait Masjid Apung Ziyadatul Akbar tersebut, Bupati mengatakan terbangunnya masjid tentunya akan menjadi icon wisata religi di Tanbu. Sehingga, juga berdampak pada perekonomian masyarakat di Bumi Bersujud.

Langkah selanjutnya, pemerintah daerah juga akan membenahi area masjid apung, seperti jalan khusus wisata dan jalan khusus lalu lintas umum. (Ddi)

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Bupati Tanah Bumbu Raih Penghargaan dari Gubernur Kalsel

admin

FAD Tanbu: Ciptakan lingkungan Sekolah Aman Bebas Perundungan

admin

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya