Pemerintahan

Tugas Damkar Serba Bisa, Bukan Hanya Padamkan Kebakaran

BATULICIN – Pemadam kebakaran (Damkar) bukan hanya bertugas memadamkan api saja ketika kebakaran terjadi, namun juga memiliki tugas lainnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Anwar Salujang melalui Kabid Damkar H. Edwar Rusandi mengatakan sesuai pedoman pada Panca Dharma Pemadam Kebakaran yang didalamnya memuat tugas dan peran Damkar yang sangat mulia, ikhlas dan tanpa pamrih.

Panca Dharma ini yang menjadi acuan oleh seluruh anggota dalam melaksanakan tugas.

Tupoksi Damkar tidak melulu hanya memadamkan api saja bila ada kejadian kebakaran tapi juga melaksanakan penyuluhan atau sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat dan dunia usaha.

Tupoksi Damkar sebagaimana yang tercantum dalam Panca Dharma Damkar yakni pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3),” ujar Edwar, Rabu (05/10/2022).

Ditambahkan, Kasi Pencegahan Gusti Sandy R mengatakan petugas Damkar dilatih dan diberdayakan untuk serba bisa selain memadamkan api.

Belum lama ini, Damkar melakukan penyuluhan, talkshow ke Radio guna penyebarluasan informasi dan layanan Damkar kepada publik, dan dibeberapa lokasi anggota melaksanakan giat evakuasi animal rescue seperti buaya, biawak, ular, serta tawon yang meresahkan dan membahayakan masyarakat. (Rel)

Berita Terkait

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan dari BKKBN

admin

Ribuan Masyarakat hadiri Tabligh Akbar di Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e

admin

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link