Pemerintahan

Tanbu Luncurkan Program Pendidikan Sekolah Berbahasa Inggris

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) luncurkan program strategis dan inovasi pendidikan Sekolah Berbahasa Inggris (BSI) bagi SD dan SMP sederajat.

Peluncuran ini ditandai dengan pengukuhan kepada perwakilan Guru SD dan SMP oleh Bupati Zairullah Azhar, Selasa (29/8/2023) di Batulicin.

Sebanyak 229 sekolah yang dikukuhkan untuk melaksanakan BSI.

Terdiri dari 175 SD/sederajat dan 54 SMP/sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Tanbu, Amiludin mengatakan program strategis ini adalah sebuah komunitas bagi siswa SD dan SMP untuk memperdalam bahasa Inggris.

“Mulai September ini akan di bentuk komunitas siswa berbahasa inggris. kita ambil istilah seperti pesantren. Mereka akan berkomunikasi memakai bahasa inggris,” ucapnya.

Melalui program tersebut, harapannya siswa-siswi di Tanah Bumbu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lancar.

Setidaknya dengan kemampuan bahasa tersebut dapat menyesuaikan dengan masyarakat luar atau wisatawan. Terutama bertepatan dengan di jadikannya daerah ini sebagai penyangga Ibu Kota Negara.

Untuk menunjang peningkatan kompetensi dan mendukung program tersebut, maka beberapa guru akan di sekolahkan ke luar negeri sesuai ketersediaan anggaran.

Bupati Zairullah Azhar menyebutkan empat strategi khusus dalam pembangunan Tanah Bumbu. Prioritasnya adalah peningkatan sumber daya manusia.

Peningkatan SDM kuncinya adalah pendidikan, karena berkaitan dengan masa depan.

Bupati mengatakan melihat kondisi sekarang bahwa dunia seakan makin kecil dan semakin terbuka. Tentu kekuatan yang harus di miliki adalah kemampuan berkomunikasi.

Oleh sebab itu, program pendidikan sekolah berbahasa inggris  penting dan sangat mendukung program-program lainnya.

Program BSI sama halnya dengan Program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) yakni sama-sama untuk mendukung masa depan anak-anak di Bumi Bersujud.

“Program ini tidak bicara kepentingan hari ini, namun kedepannya ada yang bisa di banggakan buat anak-anak Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Peluncuran program SBI ini menghadirkan Direktur Briton perwakilan Cambridge University Sirajuddin Tenri MEd. (Win)

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya