Pariwisata

Tahun 2017, Tanbu Prioritas Bangun Pertanian

BATULICIN – Pembangunan pertanian salah satu yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) di tahun 2017 dan 2018.

Demikian dikatakan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming pada saat puncak peringatan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (9/4/2017) di Batulicin.

Keseriusan pemerintah daerah membangun sektor pertanian yaitu bekerjasama dengan masyarakat dalam penyediaan lahan dan pembibitan serta mendatangkan Doktor Ahli Pertanian ke Tanah Bumbu dalam hal mekanisme cara pembibitan benih padi unggul.

Ia mengatakan langkah awal membangun pertanian ini yaitu dengan mendatangkan bibit benih unggul yang ditanam di lahan seluas 40 hektar dengan harapan hasil kedepannya menjadi 12.000 hektar.

“Sya ingin petani tidak hanya fokus menjual beras namun juga menjual bibit benih padi unggul, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat,” harap Mardani.

IMG_9725

Arah kedepannya, sebut Bupati, pembangunan sektor pertanian ini terus dikembangkan karena untuk pertanian padi hanya bisa dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Setelah musim kemarau di lahan pertanian tersebut ditanam jagung.

“Saya sudah siapkan bibit jagung. Dimana akan dilakukan ujicoba kemasyarakat dengan sistem tanahnya pinjam milik masyarakat. Petani yang tanam, bibitnya dari saya. Jika berhasil keuntungannya dibagi, jika gagal saya yang tanggung dan petani tidak dirugikan,” Kata Mardani.

Untuk hasil jual tanaman jagung, sebut Bupati, pihaknya bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Kabupaten Tanah Laut sedangkan untuk Padi bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik atau Bulog. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Disbudporpar Tanbu Turut Serta Mengisi Event di ITC

admin

Sekda Tanbu Bersama Tokoh Ulama Dan Adat Ziarahi Makam Pejuang Syiar Islam Kaltim

admin

BPBD Tanbu Gelar Desiminasi Kebencanaan, Sosialisasi dan Launching Renjana

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya