Pemerintahan

Sudian Noor : Sampah Musuh Bersama

BATULICIN – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu menggelar gerakan Gotong-Royong untuk membersihkan sampah di, Pusat Niaga Bersujud, Pasar Minggu Kecamatan Simpang Empat, Jum’at (22/2) pagi.

Kegiatan bersih-bersih sampah yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, Dandim 1022 Dan Kapolres Tanah Bumbu tersebut diikuti jajaran Pejabat dan Personel dari Kodim, Polres, TNI AL dan karyawan karyawati dilingkungan Pemkab Tanah Bumbu.

Tidak ketinggalan Ketua TP PKK, Hj Sadariah beserta anggota TP PKK, GOW, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Chandra Kirana dan Bhayangkari.

Secara serentak dan besama-sama mereka melaksanakan aksinya bersih-bersih lingkungan, selokan dan taman sejak jam 07.00 pagi hingga selesai.

Pada Kesempatan itu Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membudayakan kegiatan Gotong Royong Bersama secara berkelanjutan.

“Saya mengajak kita semua untuk terus membudayakan kegiatan gotong royong, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan hanya dilakukan pada momentum-momentum peringatan saja, akan tetapi kegiatan positif ini menjadi kegiatan rutin dimasyarakat kita,” ujarnya.

IMG-20190222-WA0003

Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan juga dapat dijadikan sebagai bentuk upaya untuk mengkampanyekan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Terutama untuk membentuk kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan secara bersama-sama.

“Kegiatan kita ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat Bumi Bersujud, sehingga mereka peduli dan menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” katanya.

IMG-20190222-WA0006

Menurutnya, masyarakat wajib menjadikan sampah sebagai musuh bersama. Sebab, selain merusak lingkungan, sampah juga bisa menjadi penyebab terjadinya bencana dan penyebar bibit penyakit.

“Sampah adalah musuh bersama, karna sampah bisa menyebarkan bermacam penyakit, sampah juga dapat merusak lingkungan dan menjadi acaman bencana banjir. Untuk itu sejak saat ini mari kita buang sampah pada tempat yang sudah ditentukan,” pesannya.

Hari Peduli Sampah Nasional merupakan gerakan Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam rangka mewujudkan Indonesia Bersih. Gerakan ini sebagai gerakan kolaboratif antara pemerintah pusat, daerah, swasta dan berbagai pihak demi mewujudkan Indonesia bebas sampah.

Melalui gerakan ini, Pemerintah juga meminta pemerintah daerah menyusun perda yang mendukung Indonesia bersih dan sehat. Juga mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dalam pengelolaan sampah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Dalam kegiatan gotong royong tersebut personel dibagi menjadi tiga kelompok untuk membersihkan tiga lokasi yang berbeda yang ada di seputaran Pusat Niaga Bersujud dan Education Park yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara kegiatan. (ynr)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya