Pemerintahan

Sudian Noor Resmikan Pasar Rakyat Karangsari

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor meresmikan Pasar Rakyat Desa Karangsari Kecamatan Kusan Hulu.

Acara peresmian dilaksanakan pada Sabtu (23/02) di halaman Pasar Rakyat Desa Karangsari.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Deny Haryanto, Kepala SKPD, Camat Sungai Loban beserta Unsur Muspika, Kepala Desa Karangsari, Ulama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Deny Haryanto melaporkan pasar rakyat tersebut merupakan bagian dalam program Revitalisasi Pasar Rakyat, dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018, pasar terdiri dari 4 los, yang mampu menampung hingga 52 pedagang.

“Dapat kami sampaikan kepada Bapak Bupati bahwa pasar ini merupakan pasar mingguan. Hari pasarannya adalah setiap Selasa,” sebutnya.

Ia mengharapkan pemerintah desa dapat melalukan pengelolaan pasar dengan baik, agar nantinya mampu menjadi salah satu sumber pendapatan desa melalui retribusinya. Sehingga pasar mampu memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

IMG_20190223_172303

Saat peresmian pasar rakyat, Bupati H Sudian Noor menyampaikan ini adalah salah satu bukti kerja nyata Pemerintah di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Setiap musyawarah dan diskusi yang telah kita lakukan, tidak akan maksimal tanpa adanya sebuah tindakan nyata,” sebutnya.

Revitalisasi Pasar Rakyat adalah bentuk komitmen nyata Pemerintah dalam upaya meningkatkan daya saing pasar rakyat, meningkatkan kesejahteraan para pedagang melalui peningkatan omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat dan mendorong terjadinya penguatan pasar dalam negeri.

“Para pedagang diharapkan mampu bersaing dengan pasar modern. Kompetisi harga komoditi pasar akan terjadi. Banyak peluang baru muncul yang dapat meningkatkan taraf hidup pedagang dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat desa,” tambahnya.

Selain pasar rakyat, Pemerintah juga menggulirkan berbagai program yang berdampak langsung ke masyarakat. Berbagai program sosial seperti Program Keluarga Harapan, Beras Sejahtera, Asuransi Lanjut Usia, Bedah Rumah, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan juga program lainnya.

IMG_20190223_172126

“Semua ini adalah bentuk nyata tanggungjawab Pemerintah dalam menjaga taraf kesejahteraan masyarakat. Negara hadir dalam melindungi masyarakat, Hal ini sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden Joko Widodo,” sebutnya.

Dalam kesepatan itu, Bupati juga mengajak beberapa Kepala SKPD turut serta. Hal ini berguna untuk menyerap aspirasi masyarakat dan melihat langsung kondisi real di lapangan.

“Penyusunan program SKPD akan lebih berdampak bagi masyarakat apabila SKPD terkait dalam perencanaannya selaras dengan apa yang diperlukan masyarakat. Buatlah program yang tepat sasaran sesuai pagu yang telah disiapkan,” jelasnya.

Saat peresmian juga dihadirkan mobil pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang melayani administrasi kependudukan warga desa seperti perbaikan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. (rel)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya