Semua Lintas Sektor Rakor Implementasi Germas

Bagikan

BATULICIN – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu (Dinkes Kab Tanbu) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2017-2022, bertempat di Ruang Rapat Dinkes Tanah Bumbu Jln. Dharma Praja, Rabu (30/11/2022).

GERMAS merupakan gerakan yang bertujuan untuk membudayakan masyarakat hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Hadir dalam Rakor Implementasi Germas Tanah Bumbu, Bappedalitbang, SKPD lingkup Tanah Bumbu, PKK, DWP, Posyandu, Satpol PP dan Damkar, seluruh lintas sektoral lainnya serta tamu undangan.

Sri Rahayu selaku Kabid PPM (Pemerintahan dan Pembangunan Manusia) Bappedalitbang sebagai pembicara Germas menyampaikan, bahwasannya Germas sudah dimulai sejak Tahun 2017, dan pada tahun ini lebih digiatkan lagi capaian implementasi, maupun data dan laporan yang dibutuhkan untuk ke provinsi.

“Kita mengkonvergensikan kegiatan Germas di semua lintas sektoral, hari ini kami undang semua SKPD lintas sektor untuk mengetahui implementasi Germas Tahun 2017-2022,” katanya.

Implementasi Germas diharapkan terdokumentasikan, menindaklanjuti rapat dari pusat yangmana Germas dilakukan wajib evaluasi. Dalam kesepakatan Rakor ini hadir sekitar kurang lebih 34 stakeholder lintas sektor dan telah memberi tanggapan bersedia menyampaikan laporan implementasi Germas dengan target waktu 5 hari kedepan.

“Kami mohon untuk kerjasama yang baik, motivasi kedepan agar lebih baik dalam pengolahan data Germas,” ucap Rahayu.

Kemudian Kepala Dinkes Tanah Bumbu, H Setia Budi melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Zainal Husni mengatakan, lintas sektor bekerjasama dalam Germas. Ada 7 indikator Germas dan saling menopang yaitu melakukan aktifitas fisik, budayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

“kita belajar memahami dan melangkah kedepan, Tanah Bumbu sesuai kontribusi lintas sektor, masing-masing mengimplementasikan Germas, kita aktifkan dan SKPD terlibat di dalamnya,“ katanya.

Terdapat 6 klaster data implementasi Germas di SKPD, pada Tahun 2017 pencanangan pertama Germas mendatangkan Menteri Kesehatahan dan pada Tahun 2018 Tanah Bumbu berhasil memperoleh terbaik pelaporan Germas se-Kalimantan Selatan. (Ftr)

No Responses

Tinggalkan Balasan