Pemerintahan

Rakor Pokjanal Posyandu Digelar

BATULICIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Rapat Koordinasi Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu bertempat di Ruang Rapat Setda pada Kamis (30/01).

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Anwar Salujang mengatakan, peranan Posyandu sangatlah penting dan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama terhadap pelayanan kesehatan bagi ibu hamil atau yang mempunyai balita di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Rakor Pokjanal Posyandu tingkat Kabupaten ini, diharapkan tidak hanya media menyamakan persepsi dalam menyikapi permasalahan di tingkat Kabupaten, tetapi juga mampu memiliki peran dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja wawasan dan pengetahuan serta keahlian kader posyandu,” sebutnya.

Ia menambahkan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Upaya peningkatan peran dan fungsi posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat termasuk kader peran Pokja desa.

Panitia pelaksana HJ Maulida Hayati (Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Masyarakat) saat rakor menjelaskan, peran Posyandu sangat besar selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, juga sebagai penggerak masyarakat dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta pencegahan dan penanggulangan stunting yang menjadi isu nasional.

“Pelaksanaan rakor tersebut nantinya tidak hanya di tingkat Kabupaten, namun hingga tingkat kelurahan dan desa serta melakukan pembinaan dan monitoring,” terangnya. (ags)

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya