Pemerintahan

Puluhan Relawan Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana

BATULICIN – Puluhan relawan mengikuti pelatihan penanggulangan bencana, Kamis (20/7/2023) bertempat di Halaman Kantor BPBD Tanah Bumbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Pelatihan di selenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Mukhlis membuka secara resmi pelatihan tersebut.

puluhan relawan

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi mengatakan maksud dan tujuan pelatihan dalam rangka pencegahan dan mitigasi bencana.

Sehingga para relawan dapat meningkatkan kapasitas dan SDM serta memberikan informasi cepat kepada BPBD apabila terjadi bencana di desanya.

“Puluhan relawan ini akan menjadi garda terdepan jika terjadi bencana di desanya dan bisa menjadi sumber informasi apabila ada bencana di sekitarnya,” kata Sulhadi.

Sulhadi berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena, relawan inilah yang menjadi garda terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat terkhusus mereka yang terdampak bencana.

Baca juga : BPBD Gandeng PT Arutmin Lakukan Penyebarluasan Informasi Kebencanaan di Sekolah

Menurutnya ada kondisi-kondisi tertentu yang sudah di petakan sehingga mempermudah tindakan kita apa yang harus di lakukan sebelum, saat terjadi bencana serta pasca terjadi bencana.

Oleh karena itu sangat di perlukan keahlian baik terkait dengan pengetahuan maupun penggunaan peralatan kebencanaan.

Ia juga menambahkan keberhasilaan penanggulangan bencana ada di tangan kita semua, bukan individu atau lembaga.

“Harapannya peserta pelatihan menjadi relawan yang tanggap, tangkas, dan tangguh,” pungkasnya.

Adapun peserta pelatihan sebanyak 40 orang dari perwakilan Desa di 5 (lima) Kecamatan diantaranya Kecamatan Batulicin, Simpang Empat, Karang Bintang, Kusan Tengah dan Kusan Hilir.

Hadir pada pembukaan pelatihan relawan penanggulangan bencana, Forkopimda, SKPD terkait, seluruh pejabat BPBD, Staf dan TRC-PB. (Adi/BPBD)

 

Baca juga : Sensasi Merinding Susur Lokasi Air Terjun Mandin Sayak

Baca juga : Pemkab Tanbu Lepas Kafilah ke MTQN Kalsel

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya