Pemerintahan

Pemkab Tanbu Gelar Rakoor Pasca Banjir

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan rapat koordinasi (rakoor) pasca banjir di Tanah Bumbu, Jumat (28/05/2021) bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati.

Staf Ahli Pemerintahan dan Politik, Ihsan Budiman, saat membuka rakoor mengatakan rakoor ini tidak hanya membahas rehabilitasi fisik saja tetapi juga mental dan sosial masyarakat terdampak banjir.

Ihsan menambahkan, terkait penanganan banjir juga berkaitan dengan anggaran yang perlu disiapkan.

“Bencana banjir yang terjadi ini menjadi pembelajaran bagi kita semua terkait apa yang harus dilakukan kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kalak BPBD, Eryanto Rais, mengatakan ada 7 Kecamatan di Tanbu terdampak banjir, yaitu Kecamatan Batulicin, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Mantewe, Kecamatan Satui, Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Kusan Tengah, dan Kecamatan Teluk Kepayang.

Rakoor ini, sebut Eryanto Rais, untuk mendapatkan data dan informasi yang valid terkait dampak banjir.

Data dan informasi tersebut nantinya manjadi acuan Pemkab Tanbu melakukan berbagai upaya penanganan banjir, seperti merelokasi rumah warga, penyaluran bantuan, dan lainnya.

Selain banjir, Eryanto menyebutkan bencana yang akan dihadapi Tanbu kedepannya yaitu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang diprediksi pada bulan Agustus memasuki musim kemarau.

“Prediksi dari BMKG, pada Agustus diperkirakan kita menghadapi musim kemarau yang panjang”, sebutnya.

Menghadapi masuknya musim kemarau itu, kata Eryanto, setidaknya kita bersiap membentuk posko karhutla.

Rakoor Pasca Banjir dihadiri oleh BPKAD, Dinkes, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinsos, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkimtan, Dinas Kominfo, dan 7 Kecamatan terdampak banjir. (Rel)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya