Pemerintahan

Pelatihan Kemasan Untuk Kurangi Sampah Plastik

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) memberikan pelatihan kemasan produk kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM).

Pelatihan yang ini berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 September 2019 di Sekretariat TP PKK Tanah Bumbu. Pelatihan kemasan mengangkat tema “melalui pelatihan kemasan kita tingkatkan keterampilan dan wawasan untuk meningkatkan promosi IKM”.

Menurut Kepala Disdagri Tanbu, H Deny Haryanto, melalui Kabid Industri H Fityanto mengatakan para peserta yang terdiri dari pelaku IKM diberikan pemahaman tentang pentingnya kemasan produk.

Selain itu, peserta juga dilatih cara mendesain kemasan agar menarik dan memiliki nilai jual. Fityanto mengutarakan kemasan yang menarik mampu untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Selain itu, ujar Fityanto, pelatihan kemasan produk juga dalam rangka mendukung program pemerintah mengurangi sampah plastik.

“Harapannya dengan pelatihan kemasan ini konsumen yang beli produk IKM di Tanbu tidak lagi diberi bungkus plastik dan digantikan dengan paper bag,” ucap Fityanto pada saat menutup pelatihan kemasan produk, Rabu (18/09/2019).

20190918_153030

Menurutnya, limbah plastik kemasan sulit terurai dan tidak baik bagi lingkungan sehingga kita perlu mengganti kemasan plastik dengan kemasan yang mudah terurai seperti kemasan produk yang terbuat dari kertas.

“Bahan baku kemasan produk IKM ini mudah ditemukan dan harganya juga murah. Bahkan bisa menggunakan kertas bekas yang didaur ulang seperti kertas kalender,” ujarnya.

Disisi lain, Fityanto menambahkan pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan IKM di Tanbu agar usaha yang dijalankan menjadi maju dan berkembang.

Dalam waktu dekat, sebut Fityanto pihaknya kembali akan menggelar beberapa pelatihan diantaranya pelatihan tenun Pagatan, pelatihan service handphone, dan pelatihan anyaman purun.

Salah satu peserta pelatihan, Azis, merasa bersyukur dengan adanya pelatihan ini. Selama ini ia mengaku tidak tahu manfaat yang didapat dari kemasan yang menarik.

“Ternyata tampilan kemasan yang baik turut menentukan minat konsumen untuk membeli,” ujarnya.

Hadir pula pada pelatihan tersebut Kaswan, Kasi Industri Kimia, Agro, Transportasi dan Aneka serta Armadi pelaku IKM dari Tanjung selaku narasumber. (Rel)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya