Pemerintahan

Panitia Pilkades Dilantik

BATULICIN – Camat Simpang Empat Muhammad Sairi melantik dan mengambil sumpah Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kecamatan Simpang Empat tahun 2017.

Acara pelantikan dilaksanakan di aula kecamatan setempat. Hadir dalam pelantikan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanbu Nanang Suwignyo. Panitia Pilkades yang dilantik tersebut diperuntukan untuk lima desa, yakni Desa Sejahtera, Desa Bersujud, Desa Gunung Antasari, Desa Gunung Besar dan Desa Batu Ampar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tanah Bumbu Nanang Suwignyo dalam sambutannya mengatakan Kecamatan Simpang Empat mempunyai jumlah penduduk desa yang besar dan gemuk dari desa lain yang ada di kecamatan lain.

“Kami harapkan agar mulai sekarang bergerak mendata daftar calon pemilih sementara. Acuannya data dari Pilkada 2016, yang sudah berumur 17 tahun mempunyai hak pilih,” jelasnya.

Bagi yang sudah menikah bisa dimasukkan sebagai pemilih walaupun umurnya baru 16 tahun. Panitia Pilkades nantinya akan diberikan pengetahuan atau Bimtek tentang Peraturan Bupati.

“Para panitia juga akan diberikan semacam jasa penghargaan selama 6 bulan. Kami harapkan Panitia Pilkades selalu berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan. Jangan langsung ke kabupaten agar gelaran Pilkades berjalan lancar, jujur, adil dan terbuka serta berjalan damai,” katanya.

Senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Syamsuddin. Dia sangat mengharapkan kepada Panitia Pilkades nantinya harus bersikap netral kepada semua calon kepala desa.

“Perlakukan mereka secara adil. Jangan sampai ada warga tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Terpenting agar semua warga masing-masing desa yang mempunya hak pilih semua terdata, tanpa terkecuali,” pintanya.

Sementara itu, Panitia Pengawas Kecamatan yang beranggotakan dari unsur pegawai kecamatan dan UPK Kecamatan Simpang Empat sangat mengharapkan adanya Pilkades yang terbuka, transparan, tertib, damai, jurdil terhadap semua calon kepala desa dan pemilih hingga menghasilkan Pilkades yang baik, berkualitas, amanah dan dapat diterima semua lapisan masyarakat. (karyono)

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya