Menuju Tanah Bumbu Sehat, 42 Desa Deklarasi ODF

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM. Zairullah Azhar menyaksikan deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Kamis (30/12/2021) bertempat di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Tahun 2021 ini, ada sebanyak 42 Desa di Tanah Bumbu yang mendeklarasikan ODF. Pembacaan deklarasi dilakukan langsung oleh Kepala Desa.

Selain deklarasi, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama ODF Stop BABS oleh Bupati, Dandim, Kapolres, Kejari, DPRD, Kemenag, Ketua TP PKK, Ketua Forum KKS, Sekda, Camat, dan Kepala Desa/Lurah se-Tanbu.

Serta digelar Rakoor Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021 yang dibuka Bupati Zairullah Azhar.

Bupati HM. Zairullah Azhar dalam sambutanya mengapresiasi kesungguhan semua pihak utamanya Forum KKS dan Kades dalam upaya mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang bersih, nyaman, aman, dan sehat.

“Saya harapan komitmen ini dapat direalisasikan,” ucap Bupati.

Sementara itu, Ketua Forum KKS Tanbu, Fawahisah Mahabbatan mengatakan Kabupaten/Kota sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni yang di capai melalui penyelenggaraan penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam penyelenggaraan KKS, diperlukan kerjasama semua pihak seperti lembaga forum KKS terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perguruan tinggi, media massa, organisasi profesi, ormas, dan lainnya.

Fawahisah menambahkan target KKS Tahun 2022 s.d 2024 adalah mempercepat pencapaian indikator pokok penilaian Kabupaten/Kota Sehat khususnya Stop Buang Air Besar Sembarangan dimana pada tahun 2021 ini jumlah desa yang melaksanakan deklarasi ODF sebanyak 42 Desa.

Selanjutnya, tahun 2022 ada 35 Desa ODF dan Tahun 2023 sebanyak 23 Desa dan Desa Pemekaran ODF.

“Targetnya, sampai 2024 seluruh desa yakni 149 Desa di Tanbu sudah ODF,” ujarnya.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan piagam Penghargaan Bupati Tanbu Kepada Desa Gunung Besar sebagai Desa ODF. Desa tersebut dinyatakan telah terbebas dari Stop BABS di Tanah Bumbu. (Rel)

No Responses

Comments are closed.