Pemerintahan

Menkumham Tinjau Pembangunan Lapas Batulicin

BATULICIN – Tampak pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin sudah masuk tahapan 90 persen.

Melihat kondisi demikian, Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yassona Laoly ke Tanah Bumbu beralasan kuat meninjau secara langsung progres pembangunan Lapas tersebut.

Tiba di Lapas yang berlokasi di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir itu, Yassona turut meninjau beberapa Blok Hunian termasuk lapangan di sekitar Lapas.

Ketika ditanya awak media, tujuan peninjauan Lapas ini, Menkumham menyampaikan dalam proses pembangunan ini pihaknya akan mengajukan permohonan kepada Bupati Tanbu agar setelah selesainya bangunan ini dapat didayagunakan.

Mengingat katanya, over kapasitas Lapas di Kotabaru dirasa tidak memungkinkan untuk tambah lagi warga binaaanya.

“Di Kotabaru itu saya anggap mengerikan sekali over kapasitasnya, dari 180 menjadi 800 dan juga sangat tidak prikemanusian kalau tidak kita carikan jalan keluarnya, apalagi masalah jaraknya Batulicin dan Kotabaru terbentur biaya bagi keluarga sebagai pembesuk,” ucapnya.

Untuk mengatasi persoalan ini, Yasonna menggambarkan di beberapa daerah yang turut memberikan bantuan hibah dari Pemerintah Daerah kepada sejumlah pembangunan Lapas agar proses pembangunannya berjalan sesuai harapan.

IMG-20200207-WA0024

Model seperti itu tambahnya, sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memang lazim dilakukan.

“Kami tidak bisa berjalan sepenuhnya, tanpa batuan pemerintah daerah kerena kami juga punya dana yang terbatas dari APBN. Tentunya wajar pemerintah daerah setempat berkontribusi untuk pembangunan Lapas, kerena yang bakal di bina adalah rakyat kita juga, meskipun kita tidak mengharapkan rakyat kita berurusan dengan Lapas,” tandasnya.

Ditanya pula tentang standarisasi pembangunn Lapas, menurut Menkumham sudah dianggap memiliki kelayakan.

“Hanya saja ini belum dirapikan semua, namun setelah lapangannya diuruk, apalagi disekitar lapangan olahraganya di buat taman atau penghijauan maka akan terlihat elok,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, model pembangunan Lapas hampir sama dengan daerah lain di Indonesia. Ia juga berharap ada konsistensi berkelanjutan mengenai pembangunannya yang berdasar maket rencana hingga terus mengikuti masterplan yang ada.

Diketahui, peninjauan Menkumham mulai tiba di Bandara Bersujud hingga ke pembangunan Lapas, dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Jum at (07/02/2020).

Juga nampak hadir dalam kunjungan itu, Anggota DPR RI Syafrudin H Maming, Anggota DPRD Tanbu Hasanuddun dan jajaran Kemenkumham yang ada di wilayah ini. (Win)

Berita Terkait

Bakesbangpol Tanah Bumbu kunjungan “Door to Door” Tokoh Panutan Masyarakat

admin

Susun Dokumen RPPLH, Pemkab Tanbu Gelar Konsultasi Publik

admin

Peringati 10 Muharram, Bupati Zairullah beri hadiah untuk Anak Yatim

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya