Pemerintahan

Mardani H. Maming : Hijaukan Kab. Tanah Bumbu Dengan Melakukan Penanaman Pohon

Media Center, Tanbu – Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming bersama wakila Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor turut ikut menanam pohon di Lingkungan Kantor Bupati Tanah Bumbu. Jumat, 21/10/2016.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ( HMPI ) dan Bulan Menanam Nasional ( BMN ) serta Hari Cipta Puspa dan Satwa Nasional ( HCPSN ) 2016. Penanaman pohon monumental yang akan ditanam yaitu jengkol, pete serta tanaman lokal unggulan di kab. Tanah Bumbu kurang lebih 4000 batang.

Dengan mengangkat tema “ Ayo Kerja Tanam dan Pelihara Pohon Untuk Hidup yang Lebih Baik” Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan dan lahan di seluruh Indonesia, untuk penyerapan karbondioksida di udara serta menjaga kelestarian keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

Bupati Tanah Bumbu Bapak Mardani H. Maming mengatakan untuk program penanaman pohon selanjutnya di tahun 2017 diharapkan untuk setiap Kecamatan ada ciri khas tanaman yang kita tanam seperti di Batulicin menanam bibit durian yang langsung dari Banyuwangi. Selain itu, telah didatangkan Dr. ahli pertanian dari Kab. Bantaeng yang bekerjasama langsung dengan jepang untuk bibit unggul kualitas baru di Kab. Tanh Bumbu yaitu Padi, Lengkuas dan Jagung. Selain itu, singkong juga bagus untuk lebih ditingkatkan penanaman dan produksinya.

“ Pemerintah akan bekerjasama dengan pihak swasta yaitu nantinya petani membeli bibit dari swasta kemudian hasil produksinya nanti dijual ke pihak swasta itu sendiri, sehingga produknya betul – betul terjaga” tambahnya.

Fungsi pemerintahnya yaitu memperkuat terhadap penyuluhnya untuk pelatihan bagaimana pendampingan untuk penanaman lengkuas, jagung dan padi yang benar. Di tambah dari PU untuk fasilitasnya seperti air dll sehingga menjadi kesatuan untuk kesejahteraan bagi petani.

Peringatan hari menanam pohon Indonesia merupakan kegiatan terakhir yang dilaksanakan DISHUTBUN kab. Tanah Bumbu karena sesuai UU 23 Tahun 2014 Perda terhitung Oktober, diambil alih oleh provinsi.

Dengan adanya penanaman pohon ini semoga bisa menghijaukan Kab. Tanah Bumbu yang dulu dibilang gersang sekarang mudah – mudahan makin hari makin baik sehingga nantinya setiap Kecamatan yang ada di Kab. Tanah Bumbu memiliki ciri khas tanaman tersendiri.

ria

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya