Pemerintahan

Kunjungi Pusdiklat Paskibraka, Sekda Berikan Materi Peran Pemuda Dalam Pembangunan

BATULICIN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, H Rooswandi Salem mengunjungi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Angkatan 16 Tahun 2019, Selasa (13/08/2019) di Gedung TP PKK Tanbu.

Kunjungan Sekda dalam rangka memberikan pembekalan dan materi peran pemuda dalam pembangunan.

Dihadapan puluhan Paskibraka, Sekda mengatakan pemuda merupakan salah satu komponen bangsa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

“Jika ingin melihat masa depan bangsa maka lihatlah pemudanya. Pemuda adalah identitas dalam suatu bangsa. Pemuda adalah penerus cita-cita pembangunan bangsa,” tutur Sekda.

Untuk itu, sebut Sekda, peran pemuda sangat diperlukan. Pemuda harus terlibat aktif dalam menunjang program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah.

IMG-20190814-WA0007

Apa tiga peran aktif pemuda dalam aspek pembangunan nasional, yaitu pertama sebagai kekuatan moral, kedua sebagai kontrol sosial, dan ketiga sebagai agen perubahan.

Peran aktif kekuatan moral diwujudkan dengan peran pemuda bisa menumbuhkembangkan aspek etik dan moralitas dalam dimensi kehidupan kepemudaan. Dalam rangka membangun etika moralitas maka jadilah pemuda yang berguna bagi bangsa. Buatlah kegiatan yang positif. Sebagai kekuatan moral, pemuda harus meningkatkan pula keimanan dan taqwa. Pemuda juga harus meningkatkan kesadaran hukum.

Kemudian, peran aktif pemuda dalam kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran tanggung jawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, menjamin tranparasi dan akuntabilitas.

“Sebagai pemuda, kita juga harus tahu apa yang menjadi haknya. Yaitu hak mendapatkan kehidupan, hak mendapatkan lingkungan yang sehat, dan lainya. Sedangkan kewajiban kita adalah menjaga stabilitas nasional, dan banyak hal lainnya,” sebut Sekda.

Selanjutnya, pemuda sebagai agen perubahan yang diwujudkan dengan mengerti pendidikan politik dan demokratisasi. Pemuda juga harus memiliki kepedulian dan kepekaan kepada masyarakat, dan pemuda harus berperan aktif terhadap perkembangan kemajuan teknologi.

“Pemuda Tanah Bumbu harus meningkatkan kualitas diri untuk bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hampir setiap tahun pemuda Tanah Bumbu ada yang mengikuti olimpiade sains. Ini hendaknya menjadi motivasi kita,” sebutnya.

Sebagai agen perubahan, pemuda juga harus berperan aktif dalam pendidikan, lingkungan, olahraga, kepekaan sosial di masyarakat, dan lainnya.

“Berprestasi dibidang olahraga juga merupakan salah satu contoh peran pemuda dalam pembangunan,” sebut Sekda.

Memotivasi peserta Paskibra agar menjadi pemuda yang memiliki karakter dan sukses, maka Sekda memberikan contoh sukses pemuda diberbagai dunia. Diantaranya di Negara Malaysia yang memberikan kesempatan kepada pemuda berusia 24 tahun untuk menempati posisi Menteri Olahraga. Kemudian ada pula Mark Zuckerberg si penemu Facebook.

“Mereka adalah contoh pemuda yang berusia muda dan sukses yang bisa menjadi inspirasi kita semua,” sebutnya.

Begitu pentingnya peran pemuda dalam pembangunan, maka Sekda dihadapan para Paskibraka yang saat ini masih berstatus pelajar maka ia berpesan agar pemuda/pelajar untuk meningkatkan kemampuan diri dengan belajar sungguh-sungguh, pemuda harus memiliki keterampilan membaca, berfikir, mencatat, memanfaatkan perpustakaan, mengelola waktu, mengatur diri, berkarya, dan lainya.

Mengakhiri penyampaiannya, Sekda berharap agar petugas Paskibraka dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. (Rel)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya