Pemerintahan

Kantor KPH Kusan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Berbahan Alami

BATULICIN – Dalam rangka turut berpartisipasi mencegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan melakukan penyemprotan disinfektan asap cair di wilayah Kecamatan Simpang Empat, Kamis (09/04/2020).

Penyemprotan disinfektan asap cair yang dlakukan oleh KPH Kusan diawali dari Educatian Park, lorong pertokoan Pasar Minggu, taman bermain, ATM, pos Polisi, tempat ibadah dan lingkungan kantor pengelola Pasar.

Menurut Kasi Perlindungam Hutan Kantor KPH Kusan, Dawan, mengatakan kegiatan penyemprotan disinfektan cair dan asap ini merupakan instruksi dari Gubernur Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan Provinsi agar seluruh Kantor KPH untuk turut serta berpartisipasi dalam hal melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya masing masing guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dawan menambahkan, untuk Kantor KPH Kusan sebelumnya sudah melakukan penyemprotan disinfektan asap cair tempat lain, seperti Desa Sarigadung, Pasar Ampera dan Desa Saring Sungai Binjai.

Dawab juga menjelaskan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Kantor KPH Kusan menggunakan bahan dari herbal yakni terdiri dari bahan cangkang kelapa sawit, bambu dan seluruh tanaman kayu yang menjadi bahan baku disinfektan asap cair ramah lingkungan, karena asap cair atau cuka kayu adalah cairan organik alami yang dihasilkan dari kondensasi asap pembakaran.

Cuka kayu itu merupakan hasil uji coba yang dilakukan BLI (Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Cuka kayu juga memiliki daya bunuh terhadap virus, bakteri, dan kuman. Lebih kuat tujuh puluh kali lipat dibanding alkohol, khususnya untuk membunuh virus Covid-19. (Iwn)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya