Pemerintahan

Jangan Salah Kelola Keuangan Desa

BATULICIN – Lima desa ikuti Bimbingan Teknis Peningkatan kapasitas Aparatur pemerintah desa, kerjasama dengan PT Tunas inti Abadi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu.

Semua aparat desa itu diingatkan dengan pengelolaan dana desa dan dana CSR. Desa yang mengikutinya adalah Desa Sebamban Baru, Sebamban Lama, Trimartani, Bunati dan Mangkalapi.

Berbagai materi mulai dari dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu, Kejaksaan Negari, inspektorat dan Bagian Hukum Pemda Tanbu.

Menurut Kepala Teknik Tambang PT Tunas inti Abadi (TIA) Hari Sutikno, mengatakan kegiatan itu bekerjsama dengan Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu. Bimbingan teknis itu tidak lain adalah untuk mengingatkan kepada aparatur desa dengan pengelolaan keuangan terutama dana CSR yang rutin diberikan kepada 5 desa binannya.

Karenanya penting ada taransparansi pengelolaan keuangan desa sesuai aturan. Sehingga sudah ada pendampingan dan peringatan dari Kejaksaan Negeri untuk tidak melakukan kesalahan pada pengelolaan keuangan.

“Tujuan bimtek ini untuk membantu dan mencegah penyelahgunaan keuangan. Kami ini punya dana csr dan kita berikan ke desa secara rutin dan itu kami harapkan desa agar tidak salah menggunakan dana desa yang berpotensi penyalagunaan yang bisa berdampak hukum pidana,” katanya.

Semua dana bisa dikelola oleh desa untuk dipergunakan untuk perbaikan lingkungan, jalan desa, pendidikan dan sebagainya. Utamanya adalah mencegah adanya penyalahgunaan keuangan.

“Tujuannya mengingatkan kepada mereka jangan sampai menyalahgunakan jangan sampai salah dan tidak tepat sasaran. Jadi ini pembekalan juga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu, H Suwignyo menambahkan, adanya kegiatan itu sangat membantu. Sehingga mereka tidak salah menggunakan, perlu disampaikan dan menghadirkan pemateri yang lebih mengerti.

“Ini sebagai pembekalan bagi desa. Jadi mereka bisa lebih mengerti mengggunakan dan mengelola keuangan desa,” katanya. (aya/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Tanbu Kaji Tiru Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ke Badung Bali

admin

Aksi Bersih-bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon Peringati HPSN di Tanah Bumbu

admin

Menuju Penerapan Adipura Lokal. DLH Tanbu Bahas Satu Meja Dengan Pihak Desa

Edwan Muhammad

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link