Pemerintahan

Inovasi GOZIB, Pelayanan Antar Gratis PMT

BATULICIN – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat terus berinovasi.

Salah satu inovasi disektor pelayanan publik tersebut yaitu Gojek Gizi Balita atau GOZIB.

Inovasi GOZIB ini merupakan Aksi Perubahan dari Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Dinas PMD Tanbu, Maulida Hayati.

Aksi perubahan ini bagian dari rangkaian pelatihan kepemimpinan administrator angkatan II tahun 2021.

Maulida menjelaskan GOZIB bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pengembangan kapasitas masyarakat perdesaan dengan menggunakan peranan kader pembangunan manusia (KPM) dengan memberikan pemberian makanan tambahan (PMT) ke Balita yang kurang gizi dengan operasional dana desa lewat kunjungan rumah.

“Secara teknis, GOZIB ini adalah pelayanan antar PMT ke rumah secara gratis yang dilakukan oleh KPM,” sebut Maulida, Rabu (16/06/2021) di Batulicin.

Dijelaskan Maulida, antar gratis PMT tersebut yakni dimulai dari tenaga gizi mengolah menu untuk anak yang terdampak malnutrisi.

Menu tersebut dimasak oleh Kader Pembangunan Manusia. Kemudian di antar ke rumah warga penerima PMT.

KPM bersama tenaga kesehatan akan terus memantau tumbuh kembang anak tersebut.

“Harapanya semua desa dan kelurahan menerapkan Inovasi GOZIB ini untuk mengatasi permasalahan kesehatan terutama yang Malnutrisi,” ucapnya.

Inovasi GOZIB ini juga disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Dinas PMD Tanbu, Maulida Hayati pada saat Rakoor Pokjanal Posyandu di Mahligai Bersujud Batulicin pada 16 Juni 2021 dihadapan Ketua TP PKK Tanbu, PKK Kecamatan, Camat, SKPD terkait, Kepala Puskesmas se-Tanbu, dan lainnya. (Rel)

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya