Pemerintahan

Hujan Deras Akibatkan Beberapa Wilayah Terendam

BATULICIN – Hujan deras yang turun di beberapa wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) selama dua hari belakangan atau sejak Jumat hingga Sabtu (23-24 September 2022) menyebabkan beberapa daerah menjadi terendam.

Salah satunya yaitu di Kecamatan Sungai Loban. Curah hujan tinggi itu menyebabkan meluapnya sungai di daerah itu hingga merendam rumah warga.

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu melaporkan, pada Sabtu (23/09/2022) hingga pukul 04.00 Wita, wilayah yang terendam itu yaitu RT 01 Desa Damar Indah dengan ketinggian air ± 1 meter dari perumahan warga dan di Desa Sari Mulya.

“Ada 33 rumah warga yang terendam, dengan jumlah korban yang terdampak di Desa Damar Indah sebanyak 33 kepala keluarga atau 109 Jiwa dan di Desa Sari Mulya sebanyak 9 kepala keluarga atau 36 jiwa,” jelas Sulhadi.

Selain itu, genangan air juga sembat menyebabkan terganggunya arus transportasi yang melintas di Jalan Provinsi karena terjadi perlambatan arus lintas. Namun saat ini sudah bisa dilalui dengan lancar.

Adapun pihak Kecamatan dan unsur Desa terus melakukan pemantauan kepada warganya yang terdampak banjir, dan ada sebagian warga yang mengungsi ke rumah keluarga masing-masing.

Ia menambahkan, di Desa Damar Indah juga telah didirikan posko banjir dan mendirikan dapur umum dari swadaya Desa.

BPBD bersama TNI, Polri, Kecamatan dan Desa terus melakukan pemantauan dan verifikasi data serta kordinasi dengan perangkat terkait lainnya.

Kemudian BPBD turut menyalurkan bantuan sembako untuk dapur umum yang didirikan, serta menyiapkan perahu karet untuk mengantisipasi apabila ada warga yang perlu di evakuasi. (PH)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya