Pemerintahan

Forkopimda Tanbu Tinjau Lokasi Jalan Longsor Satui

BATULICIN – Peristiwa longsornya Jalan Nasional di KM 171, Desa Satui Barat, Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menimbulkan atensi dari berbagai pihak.

Mendapati laporan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Bumbu bergerak cepat dengan melaksanakan peninjauan dan monitoring di lokasi kejadian, Rabu (28/09/2022) siang.

Rombongan Forkopimda yang hadir tersebut diantaranya Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo, Dandim 1022 Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, Anggota DPRD Tanbu, Kadis PU Kab. Tanah Bumbu Subhansyah dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan ini menjadi urgensi Pemerintah setempat mengingat Jalan Nasional tersebut terancam putus setelah setengah badan jalan telah ambruk yang berdampak terhadap mobilitas masyarakat.

Atas dasar tersebut, Satlantas Polres Tanah Bumbu telah melakukan antisipasi pengalihan jalan alternatif melalui 2 rute, yakni melalui jalan simpang 4 Sumpul – jalan houling HB – simpang 3 Jombang, untuk roda 6 atau lebih dan melalui Jalan munawar – jalan houling HB – simpang 3 Jombang untuk roda 2 dan 4.

Saat peninjauan tersebut, diketahui sebanyak 29 KK 107 Jiwa jumlah warga yang terdampak akibat jalan rusak dan longsor di RT.07 Desa Satui Barat dengan rincian 3 KK sudah mengungsi, dan 22 KK 87 Jiwa yang belum mengungsi.

Untuk antisipasi lebih lanjut, Abah Bupati berharap kewenangan daerah dapat diikut andilkan dalam masalah perizinan tambang yang ada di wilayah Tanah Bumbu terhadap teknis lapangan.

Forkopimda meyakini permasalahan ini jelas terkait permasalahan tambang dan berharap agar balai jalan dan Dinas PUPR provinsi bisa merancang untuk penanganan jalan utama yang berimbas rusak dan longsor tersebut.

Untuk warga yang terdampak akan terus diupayakan dalam masalah hak-nya sambil berjalan dengan koordinasi lintas sektor, dan sementara ini lebih diutamakan penanganan masalah akses jalan utama.

Kemudian untuk kondisi arus lintas sampai dengan siang hari sudah dinyatakan kondusif, namun kendaran beroda 4 ataupun 6 masih belum bisa melintasi jalan utama diarahkan untuk melewati jalan alternatif, yang ditunjukkan dengan dipasangnya rambu-rambu peringatan pengalihan jalan. (Ftr)

Berita Terkait

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan dari BKKBN

admin

Ribuan Masyarakat hadiri Tabligh Akbar di Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e

admin

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link