Pemerintahan

DKPP Tanbu Laksanakan Prognosa Ketersedian Pangan Pokok Menjelang HBKN

BATULICIN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar acara Persiapan Ketersediaan dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bidang Ketahanan Pangan DKPP Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (08/12/2022).

Kepala DKPP Tanbu, yang diwakili Sekretaris Dinas, Lamijan berterimakasih kepada seluruh peserta sudah berhadir dalam kegiatan ini.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan melihat dan mengidentifikasi ketersedian stok dan harga barang kebutuhan pokok, serta menghindari daerah dalam kekurangan bahan pokok,” ungkapnya.

Distribusi yang kurang lancar saat menjelang Natal dan Tahun Baru yang dapat menyebabkan kelonjakan harga bahan pokok khususnya beras. Jika membandingkan data ketersediaan beras dengan jumlah kebutuhan konsumsi di Tanbu, diperkirakan stok beras masih tercukupi hingga akhir tahun 2022.

“Tetapi di beberapa daerah di Tanah Bumbu masih terjadi kenaikan harga yang diduga terjadi kenaikan inflasi, hal ini tentunya dapat berdampak kepada bahan pokok yang lain,” ujarnya.

Saat ini Pemkab Tanbu terus berupaya mejaga kondisi perekonomian akibat infalsi, dan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk berkolaborasi mengembalikan serta menstabilkan perkonomian di Bumi Bersujud.

Dalam rangka menstabilkan ketersedian harga barang kebutuhan pokok menjelang HBKN kiranya perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi pemantauan pengawalan untuk ketersedian pangan masyarakat dengan sinergi sesuai peran masing-masing.

Ia mengharapkan tercapainya ketersedian dan kestabilan harga barang kebutuhan pokok yang optimal.

“Kami semua sangat berharap dengan adanya kegiatan ini semua peserta dapat berdiskusi sehingga dapat memberikan solusi dan antisipasi permasalahan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan HBKN,” ucapnya.

Tak lupa, Lamijan juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terkait yang telah berperan dalam, sehingga masyarakat di Tanbu dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau. (Dwn)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya