Dinas PUPR Tanbu Gelar Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan Kerja

Bagikan

BATULICIN – Dalam rangka memberikan pemahaman dan penjelasan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi ditempat kerja, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (17/5)2022).

Bimtek dibuka Kadis PUPR Subhansyah, MT. “Bimbingan teknis digelar selama 5 hari dari tanggal 17 hingga 21 Mei 2022 kedepan,” ucap Subhansyah.

Dikatakannya, kegiatan dihadiri 50 peserta dan dilaksanakan dengan metode hibryd gabungan distance learning dan tatap muka.

“Pesertanya melibatkan Dinas PUPR sendiri, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Layanan Pengadaan (BLP) dan Badan Usaha Jasa Kontruksi,” terangnya,

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini agar peserta mampu memahami dan mengerti sistem manajemen keselamatan konstruksi ditempat kerja.

“Sasarannya bisa menjelaskan kebijakan pemerintah tentang keselamatan konstruksi dan memahami situasi kondisi keselamatan konstruksi,” jelasnya.

Narasumber yang dihadirkan pemateri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, yang berkompeten dibidangnya.

Penjelasan pemateri disampaikan dengan metode hibryd gabungan online dan tatap muka. Selain itu juga menghadirkan pihak BPJS Ketenagakerjaan Tanah Bumbu.

“Nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikat petugas keselamatan dan kesehatan kerja kontruksi,” ucapnya.

Mereka akan disebut petugas K-3 konstruksi, bagi peserta yang dinyatakan berkompeten oleh Kementerian PUPR. Sertifikat ini nantinya menjadi lampiran syarat bagi badan usaha jasa kontruksi untuk mengikuti lelang proyek.

“Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari DPA Dinas PUPR Tanah Bumbu TA 2022 dan juga daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Satuan Kerja Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin,” pungkasnya.

No Responses

Comments are closed.