Pemerintahan

Dinas Pertanian Luncurkan PAHAM Padi

BATULICIN – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan launching dan sosialisasi aplikasi PAHAM Padi, Senin (31/05/2021).

PAHAM Padi merupakan sebuah aplikasi pengendalian hama dan penyakit tanaman padi berbasis aplikasi website.

Acara ini dihadiri oleh Tenaga Ahli Percepatan Pembangunan Bidang Pertanian, Kepala Dinas Pertanian, BAPPEDA, BPKAD, dan stakeholder terkait.

Tenaga Ahli Percepatan Pembangunan Bidang Pertanian Aman Ma’mur dalam kesempatan itu, sangat mendukung aplikasi tersebut karena sangat membatu Dinas Pertanian dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat petani untuk memberikan informasi tentang pengendalian hama dan penyakit tanaman padi.

Kepala Dinas Pertanian Fauraji Akbar menyampaikan, launching Paham Padi didasari keperluan akan sebuah cara dalam memantau pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu dengan lebih baik.

“Kabupaten Tanah Bumbu memiliki lahan sawah eksisting yang cukup luas yaitu sekitar 10.834 ha, sehingga diperlukan aplikasi yang dapat membantu petugas untuk mengidentifikasi, mengamati, mendapatkan informasi cara pengendalian hama penyakit padi. Diharapkan dengan pengendalian yang tepat, maka dapat meningkatkan produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan petani” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertania Kabupaten Tanah Bumb, Robby Candra menambahkan, dengan adanya laporan yang masuk melalui aplikasi itu, Dinas Pertanian dapat mengetahui jenis serangan hama penyakit padi, lokasi serangan dan luasnya sehingga dapat menjadi dasar dalam menyusun kebijakan program dan kegiatan perlindungan tanaman.

Aplikasi berbasis web itu sendiri merupakan sebuah program atau perangkat lunak yang dapat diakses melalui internet dengan menggunakan web browser dengan alamat pahampadi.com.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari stakeholder terkait dan rekan-rekan tim yang telah membantu mewujudkan aplikasi ini” ujarnya.

Aplkasi PAHAM Padi sendiri merupakan aksi perubahan yang dilakukan
oleh Robby Chandra dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator. (Rel)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya