Pemerintahan

Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu, Buka Kegiatan Festival belajar.id

BATULICIN – Kepala Dinas Pendidikan, Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), Amiluddin melalui Sekretaris Dinas Pendidikan, Ahmad Subari. Membuka kegiatan festival belajar. id, berlokasi di SMAN 1 Kecamatan Simpang Empat, Selasa (19/9/2023).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan (BPMP Prov Kalsel). Dengan Dinas Pendidikan Kab Tanbu dalam kegiatan festival belajar. id tahun 2023.

Menurut perwakilan BPMP Kalsel, Akhmad Gafuri, menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan dengan tujuan pemberian pembekalan, pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa.

Selain itu juga untuk meningkatkan, pemanfaatan google dalam pembelajaran. Google for Education menyuguhkan berbagai fasilitas kepada pengguna yang dapat di gunakan secara optimal.

Selain itu pemanfaatan fasilitas aktivasi pada akun belajar. id dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Sebagai pengembangan yang sudah terbagikan kepada semua guru.

BPMP Kalsel mengharapkan, peserta dalam kegiatan ini bisa mengikuti wawasan tersebut secara maksimal, juga dapat saling sharing praktek pembelajaran.

Menurut data kegiatan ini terselenggara pada 13 kabupaten/kota se-Kalsel, dengan sasaran jumlah 780 satuan pendidikan. Kegiatan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih menarik dan lebih bermakna.

Gafuri menyebutkan, Tenaga Pendidik (Tendik) dan siswa di semua jenjang kabupaten/kota. Sejak penggunaan akun belajar yang bekerjasama dengan google. Diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek, pada Pro Kalsel selalu dalam urutan puncak, sebagai provinsi aktivasi terbanyak nasional dan ini selalu mendapatkan apresiasi.

“Bahkan beberapa kabupaten di wilayah Kalsel, juga selalu mendapatkan apresiasi dari pusat, dalam aktivasi akun belajar. id terbanyak secara nasional,” katanya.

Ia melanjutkan, adanya kegiatan festival belajar. id tentu saja harapanya mampu mendongkrak penggunaan akun belajar. id tersebut di wilayah Kalsel.

“Kegiatan ini sudah terlaksana sejak tahun kemarin, namun tahun ini sedikit berbeda, kami ingin nanti akan banyak yang bisa hadir dalam kegiatan festival belajar. Id pada tingkat provinsi, maka dari itu kami melaksanakan di semua kabupaten/kota,”sambungnya.

Adapun kegiatan festival belajar. id selain seminar pemanfaatan belajar. id, juga akan di lombakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah praktik pemanfaatan chromebook belajar. id bagi sekolah yang menerima chromebook.

Kadisdik Tanbu, Amiluddin melalui Sekdindik, Ahmad Subari, menyambut gembira apa yang sudah menjadi program BPMP Kalsel ini.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini harus di sambut bersama, apa lagi berkaitan dengan peningkatan kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi pendidikan.

“Saat ini menjadi sebuah keharusan bagi guru untuk meningkatkan kemampuannya, pada zaman kita ini sudah berubah, kita tidak bisa lagi mengindahkan tentang kemajuan teknologi pendidikan, dengan kegiatan festival belajar. id ini,” ucapnya.

Selain itu ia mengungkapkan, tentu hal baik ini menjadi motivasi bagi para guru-guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan pemanfaatan akun belajar. id, yang mana sudah di bagikan Kemendikbud Ristek ke semua sekolah di seluruh indonesia, dan juga dapat mendongkrak pemanfaatan belajar. id khususnya untuk Kabupaten Tanbu.

Fauzi Ramadhani, selaku Co Kapten belajar. id Tanah Bumbu, menerangkan bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 60 orang dari semua jenjang. terdiri dari jenjang pendidikan yaitu SMP 20 orang, SD 20 orang dan PAUD 20 orang.

“Semua peserta berasal dari sekolah yang penerima chromebook di Tanah Bumbu, nanti akan ada beberapa lomba, baik bagi sekolah penerima chromebook, maupun sekolah yang belum menerimanya, kegiatan lomba ini akan dipantau dari dashboard aplikasi PMM,” jabarnya.

Sementara itu, Agung sutikno, yang merupakan salah satu peserta festival belajar.id menjelaskan. Bahwa teknologi dalam dunia pendidikan saat ini tidak bisa teracuhkan begitu saja.

Saat ini beberapa sekolah sudah menerima fasilitas TIK berupa chromebook dan harus bisa manfaatkannya sebaik mungkin, untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dan kegiatan ANBK.

Selanjutnya, Nurma Irama Dina, yang juga salah satu peserta dari jenjang PAUD. Dengan kesehariannya mengajar di TK Tunas Harapan Kecamatan Karang Bintang. Ia merupakan salah satu juara pada festival belajar. id tahun 2022 lalu. Nurma menyambut baik adanya kegiatan belajar.id yang ada terlebih dahulu di Kab Tanbu ini.

“Semoga tahun ini, ada lagi juara di ajang festival belajar. id tingkat provinsi nanti. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan akun belajar.id tersebut untuk kepentingan kegiatan belajar,” harapnya. (Fit)

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya