Pemerintahan

Cegah Tuberkulosis, Tanbu lakukan Gerakan  Ketuk Pintu

BATULICIN – Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TB) se- Dunia, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melakukan gerakan Ketuk Pintu.

Gerakan tersebut dimulai di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir, Jum’at (24/3/2017) pagi.

“Gerakan Ketuk Pintu ke rumah warga ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan kepada warga yang terindikasi memiliki gejala TB,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Tanbu H.M. Damrah.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor yang turut serta ikut mendampingi Gerakan Ketuk Pintu, mengatakan aksi ini merupakan bagian upaya memutus rantai penularan TB secara luas.

“Untuk itu diperlukan keterlibatan pihak terkait untuk melakukan pencegahan secara menyeluruh,” ujar Sudian Noor.

Menurutnya, Gerakan ini harus terus dilakukan kesemua desa sehingga warga yang memiliki gejala penyakit TB bisa di cegah secara dini.

IMG-20170324-WA0014

“Gerakan ini diharapkan bisa berjalan dengan efektif sehingga masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu kedepannya terbebas dari TB,” kata Wabup.

Wabup juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dengan cara memeriksakan kesehatan secara rutin ke Puskesmas maupun Rumah Sakit.

Menurutnya, jika ada warga mengidap penyakit batuk yang berkepanjangan segera lakukan pemeriksaan. Sehingga penyebab maupun dampak kedepannya bisa dikenali dan diatasi sedini mungkin.

Adapun peringatan TB se-Dunia mengusung tema “Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis pada tahun 2035”.

Gerakan Ketuk Pintu Dihadiri pula Wakil Ketua TP PKK Tanbu Hj. Sadariah Sudian Noor, Forum Koordinasi Kecamatan Kusan Hilir serta pimpinan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Tanbu. (Win/MC.Tanbu).

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya