Pemerintahan

Bupati Tanbu Wisuda 1.398 Santri dan Santriwati LPTKA BKPRMI

BATULICIN – Sebanyak 1.398 santri dan santriwati LPTKA BKPRMI se-Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti Wisuda ke 9.

Wisuda yang dirangkai dengan Khataman Al-Qur’an ini dilaksanakan di Komplek Pemakaman Haji Maming Jalan Cappa Padang, Kelurahan Batulicin, Minggu (11/11) pagi.

Hadir pada prosesi wisuda dan Khataman Al-Qur’an tersebut yakni Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor sekaligus pula mewisuda para santri dan santriwati LPTKA BKPRMI.

IMG-20181111-WA0040

Tak ketinggalan pula, Sekretaris Daerah (Sekda) H Rooswandi Salem, Wakil Ketua DPP BKPRMI HM Daud Sagita Putera, Ketua Umum BKPRMI DPW Kalsel Hermansyah, Ketua DPD BKPRMI Tanbu HM Idjrai, Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah, Ketua DWP Tanbu Mulyawati, Anggota DPRD Provinsi Kalsel M Syafruddin, dan Anggota DPRD Tanbu M Syarifuddin.

Acara Wisuda ke 9 LPPTKA BKPRMI dan Khataman massal santri TK/TPA dimulai dengan penyerahan mushaf Al-Qur’an bantuan dari M Syarifudin sebanyak 1.500 mushaf kepada perwakilan santri. Tampak Bupati dan Sekda Tanbu turut menyerahkan mushaf Al-Qur’an

IMG-20181111-WA0037

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan remaja masjid se-Kabupaten Tanah Bumbu oleh Bupati H Sudian Noor dan pengukuhan pembina LPPTKA BKPRMI Tanbu Hj Sadariah, serta penyerahan penghargaan kepada santri terbaik.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan wisuda dan Khataman Qur’an bukan hanya sekedar bentuk penghargaan atau pembuktian terhadap prestasi dan keberhasilan santri dalam kegiatan proses belajar baca tulis Al-Qur’an atau merupakan akhir dari proses belajar Alquran.

Akan tetapi wisuda dan khataman ini merupakan suatu proses awal bagi para santri dan santriwati untuk mengenal dan selalu membaca Alquran karena masih banyak yang perlu dipelajari dari kandungan Al-Qur’an.

Selesai di wisuda, Bupati berpesan agar para orangtua selalu mengawasi anak-anaknya untuk mengaji dirumah.

IMG-20181111-WA0038

“Para ustad dan ustadzah di TPQ hanya mampu mengantar anak-anak kita untuk bisa membaca Alquran secara baik. Dan para orangtualah yang harus mengawasi anak-anaknya untuk selalu mengaji dirumah,” ujarnya.

Kepada para santri, Bupati berpesan jangan berhenti mengaji sampai diwisuda ini saja. Namun lanjutkan lagi kejenjang berikutnya serta terus mengkaji lebih dalam lagi tentang makna Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam.

“Apabila kita semakin memahami dan mengamalkan isi kandungan kitab suci Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, insyaallah tidak hanya kehidupan kita yang selamat dunia akhirat, akan tetapi daerah kita juga aman, damai, tentram, dan sejahtera,” sebut Bupati.

Ketua Panitia Wisuda dan khataman Al-Qur’an, H Abdul Muis mengatakan total santri dan santriwati yang diwisuda sebanyak 1.398 orang dengan rincian Kecamatan Batulicin sebanyak 60 orang, Simpang Empat 181 orang, Kusan Hilir 200 orang, Kusan Hulu 123 orang, Sungai Loban 164 orang, Angsana 268 orang, Kuranji 40 orang, Satui 207 orang, Mantewe 71 orang, dan Karang Bintang 84 orang.

IMG-20181111-WA0046

Tujuan dilaksanakanya wisuda untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada santri yang telah menyelesaikan dan menamatkan Al Qur’an. Selain itu juga untuk lebih memasyarakatkan TK-TPA yang ada di Tanbu.

Sedangkan Tema Wisuda kali ini, sebutnya adalah “menyiapkan generasi Qur’ani untuk menyongsong masa depan yang gemilang”.

Ketua DPD BKPRMI Tanbu HM Idjrai mengatakan wisuda kali ini merupakan yang ke 9 kalinya dilaksanakan dan merupakan yang paling besar pesertanya karena mencapai 1.398 orang.

Ia menambahkan berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh BKPRMI Tanbu satu diantaranya adalah pembinaan dan pelatihan bagi remaja masjid, hal ini dilakukan dengan harapan akan muncul 1000 kader BKPRMI yang nantinya menjadi ustadz dan ustadzah serta menjadi kader pengelola masjid.

Terkait program pemerintah daerah Satu Desa Satu Rumah Tahfidz, sebut Idjrai, pihaknya di BKPRMI siap mensukseskan program tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP BKPRMI HM Daud Sagita Putera menitipkan santri dan santriwati ini untuk menjadi generasi penerus kepemimpinan di daerah dan bangsa ini. (rel)

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya