Pemerintahan

Bupati Tanbu Beri Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi Tentang Penyertaan Modal Daerah Berupa Barang ke PDAM Bersujud

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi tentang Penyertaan Modal Daerah Berupa Barang ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bersujud pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (DPRD Kab Tanbu), Selasa (19/12/2017).

Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu H Hasanuddin. Rapat dihadiri pula Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanah Bumbu H Ambo Sakka dan sejumlah Pejabat dilingkungan Pemkab Tanbu.
IMG-20171220-WA0010

Menanggapi pemandangan umum fraksi perihal dalam bentuk apa meningkatkan kapasitas usaha PDAM Bersujud, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanah Bumbu H Ambo Sakka menyampaikan dalam bentuk penambahan jumlah pelanggan dan cakupan pelayanan serta penambahan kapasitas produksi.

Sedangkan terkait penjelasan perencanaan meningkatkan dan pengembangan serta tempat sasarannya, menurut Bupati, perencanaan yang disiapkan berupa pengoperasian, dan pengembangan pelayanan di wilayah kecamatan (SPAM IKK), Pengoperasian SPAM IKK termasuk pembangunan jaringan pipa dan sambungan rumah yang sasarannya adalah meningkatkan cakupan pelayanan di seluruh kecamatan.

Sedangkan, seberapa besar fungsi dan manfaat dari penyertaan modal berupa barang tersebut kemasyarakat Tanah Bumbu. Menurut Bupati, semua aset yang telah diserahkan oleh Pemerintah Daerah dikelola dan dirawat dengan baik agar maksimal dan bisa lebih produktif pemanfaatannya, sehingga PDAM lebih berkembang menjadi perusahaan yang sehat dan mandiri.

Kemudian, untuk jumlah dana yang sudah dikelola oleh Perusda PDAM Bersujud mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2016, secara signifikan sudah berdampak positif bagi peningkatan jaringan perpipaan dan distribusi air bersih kepada masyarakat, tetapi masih banyak yang menjadi pekerjaan rumah. Diantaranya wilayah-wilayah perkotaan masih belum sepenuhnya mendapat pemasangan baru. Menurut Bupati, terkait hal ini, perlu adanya penambahan Instalasi Pengolahan Air dalam rangka peningkatan produksi air, seiring dengan pertumbuhan pelanggan dan penambahan jaringan perpipaan untuk meningkatkan cakupan pelayanan.

Selain itu, terkait permintaan sambungan pelanggan baru yang belum terpasang, dan juga dalam hal distribusi dan kualitas air yang belum maksimal kepada pelanggan serta program apa saja yang akan dilakukan oleh PDAM Bersujud, Bupati menjelaskan masih ada beberapa wilayah yang belum terpasang jaringan pipa dan perlu adanya penambahan kapasitas produksi agar distribusi dan kualitas air dapat maksimal diterima oleh pelanggan.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan prestasi PDAM Bersujud yang menerima penghargaan PERPAMSI Award Tahun 2017 dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia pada tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2017 di Jakarta sebagai Peringkat 2 kategori Pelayanan Terbaik Kabupaten Berpenduduk lebih 200.000 Jiwa.

“Dengan penghargaan ini, tentu diharapkan bisa lebih memacu agar dapat lebih baik lagi dalam pelayanan air minum kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu” sebut Mardani. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya