Pemerintahan

BPBD Tanbu Gelar Pelatihan JITUPASNA

 

BPBD tanbu gelar pelatihan
BPBD tanbu gelar pelatihan

Batulicin – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyelenggarakan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitupasna). Selasa (25/06/24).

Jitupasna merupakan rangkaian kegiatan pengkajian dan penilaian akibat, analisis dampak dan perkiraan kebutuhan yang menjadi dasar bagi penyusunan Renaksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi pascabencana.

Bertempat di ruang rapat Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB), kegiatan di buka langsung secara resmi oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, H Sulhadi.

Dalam sambutannya, kegiatan ini melibatkan SKPD teknis dan Kecamatan guna meningkatkan peran serta terkait dengan kebencanaan.

Yaitu dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana terutama pada saat bencana besar di Kabupaten Tanah bumbu.

“Untuk mendukung penguatan kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi secara berdaya guna, berhasil guna dan dapat di pertanggungjawabkan”, ujarnya.

Pelatihan di narasumberi oleh BPBD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan membawakan materi penyelenggaraan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Konsep jitupasna sektor perumahan, insfrastruktur, ekonomi, sosial, lintas sektor, studi kasus bencana dan studi kasus bencana di Provinsi kalsel.

Di harapkan dengan kegiatan ini dapat terbukanya inovasi dan potensi yang di kembangkan dalam upaya peningkatan penanggulangan bencana.

“Dapat terwujudnya sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pengkajian kebutuhan pascabencana secara cepat, tepat dan terpadu”, tegas Kalaksa.

Adapun pelatihan di laksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 25 s.d 27 Juni 2024, diikuti 25 (dua puluh lima) orang yang terdiri dari perwakilan SKPD teknis, Kecamatan dan BPBD Tanbu.(adimono)

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya