Admin E-Lapor SKPD Diminta Responsif Terhadap Aduan Masyarakat

BATULICIN – Responsif Terhadap Aduan Masyarakat. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) selenggarakan Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) bersama jajaran Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu. Pada Kantor Diskominfo SP, Gunung Tinggi, Batulicin. Kamis, (25/5/2023)

Kegiatan rakoor ini bertemakan “Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya melalui penguatan semangat akuntabilitas pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat”.

Sistem LAPOR! Telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

 

Baca Juga : Kadis PMD Tanbu Tutup Secara Resmi Bimtek Tata Cara Pelaporan Keuangan Desa

 

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Diskominfo SP. Akhmad Salehuddin menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini agar tidak ada alasan untuk menunda atau merespon pengaduan secara cepat dan tanggap. Artinya harus responsif terhadap aduan masyarakat. Indikator kecepatan dan ketanggapan SKPD terhadap pengaduan masyarakat ialah pada layanan Aplikasi E-lapor.

Ia berharap melalui kegiatan ini para Admin E-Lapor di setiap SKPD harus lebih responsif, harus menanggapi semua laporan sesuai dengan SOP dari SKPD masing-masing.

“Saya harap para Admin harus responsif terhadap laporan itu. Orang bisa mengukur bahwa SKPD itu bekerja ialah dengan pelayanan Lapor itu. Semakin banyak laporan yang terselesaikan dengan jawaban solusi, maka tentu pelayanannya semakin baik,” tuturnya.

Hadir sebagai Narasumber, Sekretaris Diskominfo SP Amad Subari yang dalam kesempatan itu menyampaikan tentang pentingnya layanan E-Lapor bagi kinerja SKPD.

Subari juga membimbing kepada Admin SKPD yang baru tentang tata cara penggunaan layanan E-Lapor. Pada nomor telepon, Website, dan Twitter sehingga semua pengaduan masyarakat bisa terlayani dengan baik. (Han)

Related posts

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Gelar Bimtek Smart City Tahap II

Eka Safrudin Lakukan Pelepasan Kontingen Porseni PGRI Tanah Bumbu

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Baca Selengkapnya