BLK Gelar Pelatihan Las

BATULICIN – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kabupaten Tanah Bumbu (Kb Tanbu) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) adakan latihan pengelasan, Senin (20/09/2021).

Pelatihan ini merupakan pelatihan berbasis kompetensi non boarding dengan menggunakan dana APBN 2021 yang didapat BLK dari Kemeterian Tenaga Kerja Republik Indonesia dengan peserta sebanyak 16 orang.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian Pembangunan, Rahmat Prapto Udoyo mengapresiasi diselenggarakannya pelatihan itu.

Karena, pelatihan itu penting dalam memberi modal bagi peserta dalam dunia kerja maupun usaha mandiri. Dan keahlian las juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena ada sertifikasinya.

“Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, kami berharap kepada seluruh peserta, agar kiranya dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup, terutama dalam mengembangkan Tanah Bumbu Maju, Mandiri, Unggul, Religius dan Demokratis,” ujarnya.

Sebagai informasi, Program Pelatihan Pengelasan SMAW 3G adalah program pelatihan yang mempelajari tentang unit Melakukan komunikasi timbal balik, Mengidentifikasi prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan kesehatan kerja dilingkungan kerja, Mengukur dengan alat ukur mekanik dasar, Membaca sketsa dan/atau gambar kerja
sederhana, Penggunaan Peralatan dan Mesin Mesin Ringan.

Kemudian Melaksanakan pemotongan secara mekanik, Pelaksanakan Pemotongan Dengan Gas, Melaksanakan rutinitas (dasar) pengelasan dengan proses las busur manual, Mengelas plat posisi dibawah tangan/flat dengan proses las busur manual, Mengelas plat posisi mendatar / flat horizontal dengan proses las busur manual, Mengelas dengan posisi 3G, Membuat laporan, dan Melakukan perhitungan dasar teknik.

Program Pelatihan Pengelasan SMAW 3G dilaksanakan selama 360JP atau setara 40Hari. Peserta program pelatihan ini ditargetkan dapat bekerja sebagai Juru Las, dan Operator Maintenance di dalam dunia industri.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Disnakertranskop UM, Camat Kusan Hilir, Plt Kepala BLK Tanbu dan undangan lainnya. (Rel)