Bupati Zairullah Azhar Tinjau Pabrik Biodiesel di Desa Sungai Dua

BATULICIN – Pembangunan Pabrik Biodiesel milik PT. Jhonlin Grup yang berada didesa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat ditinjau oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar.

Peninjauan itu dalam rangka melihat kesiapan peresmian pabrik yang nantinya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan Juli 2021 mendatang.

Direktur Jhonlin Agro Raya (JAR) Zafrinal Lubis ketika mempersentasikan kondisi pabrik dihadapan Bupati dan rombongan mengatakan, pembangunan pabrik Biodisel di wilayah Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu ini menghabiskan dana sebesar Rp 2 Triliun.

“Pembangunannya sebesar 2 triliun, 1 triliun untuk pabrik beserta prasarana pabrik, dan 1 triliun lagi untuk pembangunan Jety atau pelabuhan,” kata Zafrinal Lubis.

Pabrik ini nantinya akan memproduksi Biodiesel dan juga minyak goreng, dengan kapasitas produksi 60 ton perjam dan perharinya 1.600 ton tandan buah sawit (TBS).

Adapun bahan baku 30 persen dari lokal, sisanya dipasok CPO dari luar daerah guna pemenuhan produksinya.

“Bulan Oktober mendatang rencananya pabrik akan siap beroperasi”, jelas Zafrinal.

Berdasarkan informasi, Pabrik biodiesel yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu itu akan menjadi pabrik biodiesel terbesar dari empat pabrik lainnya yang berada di Kaltim, Kalteng, dan juga Sulawesi.

“Di kalsel adalah pabrik biodiesel terbesar dari tiga pabrik lainnya”, Jelasnya.

Adapun hasil produksi dari Pabrik Biodiesel itu akan diambil oleh pertamina. (Iwn)

No Responses

Comments are closed.