Pemerintahan

218 Rumpon Siap Labuh

Media Center, Tanbu – Bupati Tanbu Mardani H. Maming Sumbangkan lagi 218 Rumpon yang siap labuh nantinya di perairan atau laut sekitaran Tanah Bumbu, Sabtu 13/08/16.

Rumpon adalah salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dilaut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar rumpon, sehingga ikan mudah untuk ditangkap.

Rumpon pun juga sebagai karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat berkumpul ikan. Rumpon merupakan rumah buatan bagi ikan di dasar laut yang dibuat secara sengaja dengan menaruh berbagai jenis barang di dasar laut seperti ban, dahan dan ranting. Barang–barang tersebut dimasukkan dengan diberikan pemberat berupa beton, batu–batuan dan pemberat lainnya sehingga posisi dari rumpon tidak bergerak karena arus laut. Barang–barang yang dimasukkan ke dalam laut dapat terus ditambah secara berlanjutan untuk menambah massa rumpon.

Tujuan rumpon dibuat sebenarnya sebagai salah satu cara untuk mengembalikan ekosistem laut dan mengumpulkan ikan dengan membentuk kondisi dasar laut menjadi mirip dengan kondisi karang–karang alami, rumpon membuat ikan merasa seperti mendapatkan rumah baru.

Dengan adanya Rumpon ini nantinya agar bias menjadi alat pembantu bagi nelayan maupun pemancing supaya bias menghasilkan tangkapan yang lebih banyak dan dapat membantu memperbaiki ekosistem laut.

Berita Terkait

Tanbu Kaji Tiru Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ke Badung Bali

admin

Aksi Bersih-bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon Peringati HPSN di Tanah Bumbu

admin

Menuju Penerapan Adipura Lokal. DLH Tanbu Bahas Satu Meja Dengan Pihak Desa

Edwan Muhammad

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link