Pemkab Tanbu Peringati Harkitnas ke-116 dan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-75

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116. Dan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-75. Bertempat di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin, Senin (20/5/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, DR H Ambo Sakka, M.Pd bertindak selaku Inspektur Upacara Harkitnas ke-116. Dan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-75.

Dalam sambutannya, Sekda Tanah Bumbu, Ambo Sakka mengatakan hari ini kita memperingati dua peristiwa bersejarah. Dari dua peristiwa tersebut, ada beberapa hikmah yang dapat di ambil.

Yakni, pertama, persatuan dan kesatuan. Pada tahun 1908, berbagai komponen dari Jong Java, Jong Kalimantan, Jong Sulawesi, Jong Sumatera, Jong Ambon, dan perkumpulan organisasi kepemudaan lainnya. Pada Waktu itu bertekad bulat untuk bersatu memerdekakan Republik Indonesia. Dan 37 tahun berikutnya, yakni 17 Agustus 1945, kita Merdeka.

Kedua, dalam Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan juga merupakan satu kebulatan tekad untuk bersatunya seluruh rakyat dan komponen lainnya di Kalimantan menyatakan tetap berada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hikmah dari kedua peristiwa itu, mari kita implementasikan dalam tugas dan tanggungjawab kita untuk mengisi kemerdekaan yang sangat berharga ini. Mari kita tegakkan disiplin, etos kerja yang tinggi, dan bangun integritas sebagai implementasi Harkitnas yang kita peringati setiap tahunnya,” ucap Sekda.

Pemerintah daerah, sambung Sekda Ambo Sakka, mengharapkan kita semua bersatu membangun Tanah Bumbu di segala bidang. Termasuk mengentaskan kemiskinan, stunting, dan lainnya. Sehingga Kabupaten Tanah Bumbu sebagaimana slogannya yakni Bersujud Menuju Serambi Madinah, dapat terwujud.

Upacara di hadiri oleh Forkopimda, Anggota DPRD, TNI, Polri, Pejabat Lingkup Pemkab Tanah Bumbu, Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Pelajar, Pramuka, Paskibraka, Capaska, dan undangan lainnya. (ddi)

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2024

Related posts

Dinkes Tanbu Temu Lintas Sektor Program Analisis Situasi Percepatan Penurunan Stunting

Diskominfosp gelar Pelatihan Pengelola Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR! bagi Pejabat dan Admin Puskesmas di Tanah Bumbu

Asisten II Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Batulicin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Baca Selengkapnya