Pemkab Tanbu Launching Layanan Bang Julpikar’s

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) launching layanan Bang Julpikar’s, Jumat (3/11/2023) di Batulicin.

Bang Julpikar’s (Sumbang, Jual, Pilah, dan Tukar Sampah) merupakan kegiatan layanan penjemputan dan pembelian hasil pilahan sampah.

Selain launching Bang Julpikar’s, pada kesempatan itu juga di gelar sosialisasi cara pemilahan sampah oleh DLH Tanbu.

Pesertanya merupakan Kasubag Umum dan Kepegawaian, dan pengelola kebersihan di masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Tanbu.

Kepala DLH Tanbu Rahmat P Udoyo melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti mengatakan Bang Julpikar’s adalah suatu layanan penjemputan dan pembelian sampah terpilah bernilai ekonomis (botol plastik kertas dll) oleh Bank Sampah Induk DLH Tanbu.

Indah menambahkan untuk ruang lingkup kegiatan pada tahapan awal ini masih terbatas di Kecamatan Batulicin dan Simpang Empat karena di sesuaikan dengan kemampuan sumber daya yang ada.

“Harapannya dapat mengakomodir di Kecamatan lainnya,” sebutnya.

Inovasi ini di laksanakan berdasarkan Surat Edaran Bupati Tanah Bumbu Nomor : B/658.1/5911/DLH-PSLB3.1.Bup/IX/2023 tentang Pembentukan dan Keaktifan Bank Sampah Unit.

Harapannya dengan adanya layanan jemput bola ini maka partisipasi semua pihak untuk melakukan pemilahan dan penyetoran sampah terpilahnya akan semakin meningkat. Baik layanan nasabah secara perorangan maupun dengan pembentukan Bank Sampah Unit di berbagai sumber kegiatan.

Adapun sasaran awal Bang Julpikar’s ini meliputi lingkup perkantoran, sekolah, pertokoan, desa/kelurahan, dan perorangan di Kecamatan Batulicin dan Simpang Empat. (Ddi/DLHTanbu)

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Related posts

Dinkes Tanbu Temu Lintas Sektor Program Analisis Situasi Percepatan Penurunan Stunting

Diskominfosp gelar Pelatihan Pengelola Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR! bagi Pejabat dan Admin Puskesmas di Tanah Bumbu

Asisten II Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Batulicin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Baca Selengkapnya