Pemerintahan

Webinar Budaya Pemilu yang Harmoni

BATULICIN – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menyelenggarakan webinar bertema Budaya Pemilu yang Harmoni bagi seluruh pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia, secara virtual, Jumat (17/3/2023).

Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Ditjen Polpum, Laode Ahmad mengatakan kegiatan webinar ini dilaksanakan dalam rangka mendukung terselenggaranya pemilu yang aman, damai, dan harmoni melalui upaya-upaya pendidikan politik, edukasi, dan sosialisasi.

Dipilihnya tema webinar yakni Budaya Pemilu yang Harmoni mengingat bahwa bangsa Indonesia memiliki beragam budaya, agama, dan etnis yang menjadi pemersatu dalam rangka mewujudkan stabilitas politik untuk mencapai tujuan nasional dan kemajuan bangsa serta kesejahteraan masyarakat.

Melalui webinar ini diharapkan adanya keselarasan pemahaman literasi budaya politik yang harmonis bagaimana melaksanakan pemilu yang tertib, jurdil, dan luber.

Kita ketahui bersama, indikator keberhasilan pemilu antara lain adalah terselenggaranya pemilu sesuai tahapan, tidak ada konflik, partisipasi pemilih yang tinggi, serta tetap terselenggaranya seluruh pelayanan pemerintahan.

Oleh karena itu melalui webinar ini diharapkan adanya pencerahan, edukasi dan sosialisasi, sehingga mendapatkan pemahaman yang sama seperti apa tahapan dan pengaturan-pengaturan Pemilu ke depan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar mengatakan Indonesia adalah negara yang besar dan berbasis budaya.

Bagaimana nilai-nilai budaya yang hidup di Indonesia ini dijadikan instrumen positif untuk mewujudkan pemilu yang damai atau harmonis.

Nilai-nilai budaya ini dapat dijadikan formula untuk menyelesaikan masalah-masalah pemilu, terutama membangun kebersamaan dan iklim pemilu yang harmonis. (han)

Berita Terkait

Musyawarah Kepengurusan FKUB Tanah Bumbu

admin

Tanbu Kaji Tiru Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ke Badung Bali

admin

Aksi Bersih-bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon Peringati HPSN di Tanah Bumbu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link