Vaksinasi Bergerak di Tanah Bumbu

BATULICIN – Vaksinasi Bergerak untuk Kekebalan Rakyat Banua dari Covid-19 kembali dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) di seluruh Kabupaten atau Kota.

Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) kedatangan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel dalam rangka Vaksinasi Bergerak, berlokasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Simpang Empat.

Terpampang jelas Vaksinasi Bergerak kali ini mengusung tema “Untuk Kekebalan Rakyat Benua dari Covid-19, Lindungi Diri dan Keluarga dari Covid-19,” dengan itu, Kadinkes Kalsel juga menginginkan kondisi Kalimantan Selatan dapat segera menjadi Endemi.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang diwakili Kadinkes Kalsel dr. Diauddin, meninjau langsung kegiatan vaksinasi di SMKN2 Simpang Empat pada Sabtu (28/05/2022) sore.

Kedatangan Kadinkes Kalsel tersebut disambut oleh Kadinkes Tanbu, H. Setia Budi, Wakasek Kesiswaan SMKN2 Simpang Empat M. Haitami Ihwan serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Kadinkes Tanbu, H. Setia Budi menyampaikan bahwa melalui kegiatan hari itu, petugas metargetkan sebanyak 100 dosis vaksinasi.

Namun ia mengungkapkan bahwa target tersebut telah dilampaui, mengingat antusias masyarakat yang aktif untuk mendatangi tempat atau faskes yang menyediakan sarana vaksinasi.

Menurutnya kegiatan vaksinasi di Tanah Bumbu yang selama ini terus berjalan dengan baik, tidak lepas dari adanya kerjasama dan koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan segenap unsur Forkopimda dan instansi terkait lainnya.

Hal ini dibuktikan berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinkes Tanbu yang menunjukkan capaian vaksinasi di Bumi Bersujud telah mencapai 99,88% untuk dosis pertama, 80,82% dosis kedua, 17,70% dosis kumulatif atau dosis ketiga.

Selain itu level PPKM Kabupaten Tanah Bumbu yang terus berada di level 1 juga membuktikan kesiapsiagaan yang baik Pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Ini menandakan bahwa kita akan terus bergerak untuk mencapai titik akhir ini, seluruh dosis vaksinasi akan terus kita lakukan setiap hari,” papar Budi.

Sementara itu Kadinkes Kalsel, Diauddin dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi kepada upaya Pemkab Tanbu atas capaian vaksinasi yang telah diraih.

Dirinya menyampaikan bahwa memang saat ini kasus Covid-19 di Indonesia termasuk di Kalsel sudah mulai mereda, namun meski demikian ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan.

“Vaksinasi tetap harus dijalankan, agar kita yakin, agar kita betul-betul aman dan tidak ada lagi gelombang-gelombang Covid selanjutnya,” ungkapnya.

Dengan melandainya kasus Covid-19 dan capaian vaksinas yang tinggi, Diauddin berharap dalam waktu dekat Pemerintah Pusat dapat segera mengumumkan kondisi Pandemi di Indonesia menjadi Endemi.

“Terima kasih banyak atas antusias masyarakat dan semangat dari para petugas vaksinator. Mudah-mudahan kita dapat segera mencapai kondisi endemi, sehingga situasi kita tentunya tidak akan setegang sekarang,” tutupnya. (Ftr)

No Responses

Comments are closed.