Pemerintahan

Usia Tua Tak Halangi Untuk Khatam Al-Qur’an

BATULICIN – Khataman Al-Qur’an biasanya pesertanya adalah anak-anak dan remaja, tapi di Kelurahan Gunung Tinggi, Kabupaten Tanah Bumbu, pesertanya berasal dari golongan dewasa dan orang tua yang rata-rata usianya 40 sampai 50 Tahun keatas.

Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, melalui Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, HM Thaha, saat menghadiri Khataman Al-Qur’an, mengungkapkan rasa haru melihat orang tua dan dewasa yang diusia tidak muda lagi tapi masih mau belajar membaca Al-Qur’an.

“Saya terharu melihat para orang tua yang masih mau belajar Al-Qur’an. Tentunya ini merupakan sebuah motivasi bagi kita semua,” Ucap HM Thaha, Rabu (05/12) di Mushola Baiturrahmah, Jalan P3DM Gunung Tinggi, Batulicin.

IMG-20181205-WA0028

Sementara itu, Lurah Gunung Tinggi, H Abdul Muis, mengatakan kegiatan khataman Al-Qur’an bagi golongan dewasa dan kalangan orang tua ini juga dirangkai dengan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Kelurahan bekerjasama dengan PHBI Gunung Tinggi.

Lurah menambahkan khataman Al-Qur’an golongan dewasa dan orang tua diselenggarakan dalam rangka usaha meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an dan memotivasi semua lapisan masyarakat untuk belajar Al-Qur’an.

Untuk diketahui, sebanyak 13 orang dewasa usia 40 sampai 50 Tahun keatas mengikuti kegiatan Khataman Al-Qur’an di Mushola Baiturrahmah, Kelurahan Gunung Tinggi.

IMG-20181205-WA0029

Diusia yang tidak muda lagi, dengan penuh kesabaran dan ketekunan, para orang tua tersebut mampu mengkhatamkan Al-Qur’an.

“Alhamdulillah dalam waktu 3 (Tiga) Tahun mengaji membaca Al-Qur’an akhirnya bisa khatam juga,” sebut Jamal salah satu peserta Khataman Al-Qur’an.

Terkait belajar baca Al-Qur’an ini, Jamal mengatakan tidak rutin dikarenakan pekerjaan sehari-hari. Namun, jika waktu luang di sore atau malam hari disempatkan hadir ke mushola untuk belajar mengaji dan membaca Al-Qur’an.

Lurah Gunung Tinggi, Abdul Muis, mengatakan program pembelajaran Al-Qur’an khusus orang dewasa dan orang tua sudah berjalan 4 tahun.

“Sebelumnya tidak pernah kami acarakan seperti ini. Kami ingin momentum Khataman Al-Qur’an ini menjadi motivasi bagi remaja dan anak-anak untuk giat belajar membaca Al-Qur’an,” sebutnya.

Sementara itu, H Kasiani, selaku Guru yang mengajarkan membaca Al-Qur’an, menyebutkan kedepannya ada tiga program membaca Al-Qur’an yang akan dikembangkan di Kelurahan Gunung Tinggi yaitu untuk program belajar baca Al-Qur’an bagi Ibu-Ibu, dan program baca Al-Qur’an bagi Bapak-bapak.

Program lainnya yaitu pengembangan anak-anak yang sudah khatam di TK-TPA untuk dilanjutkan ke program menghafal Al-Qur’an. (rel)

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya