Pemerintahan

UKM Jadi Fokus Pengembangan e-Commerce

Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan fokus pembangunan e-Commerce di Indonesia adalah untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). ”Saat ini kurang lebih sudah ada 57 juta UKM, Kementerian Kominfo dan Kementerian Koperasi UKM  akan melaksanakan program bagi UKM yaitu sebuah program bagaimana mendevelop UKM,”  jelasnya pada pembukaan The 2016 Technology Summit, di Jakarta, Kamis (16/06/2016).

Dalam pembukaan acara bertema “Transformasi Ekonomi Digital Pasca MEA” itu, Menteri Rudiantara menandaskan upaya untuk mendorong UKM memanfaatkan teknologi digital dilatari potensi pertumbuhan UKM menjadi dua kali lipat jika mengadopsi teknologi informasi. “Dengan memahami adanya riset McKenzie bahwa UKM yang memasuki era digital akan mengalami pertumbuhan produktifitas dua kali lipat. Juga Teori Deloitte yang memberikan penghitungan persentase peningkatan produktifitas UKM yang telah menjadi digital,” paparnya.

Rudiantara menjelaskan pada tahun 2014, e-Commerce Indonesia hanya mencapai USD14 Miliar, namun setelah diproyeksikan kembali sampai pada tahun 2020 mendatang potensinya akanbisa mencapai USD130 Miliar. “Ini sangat bisa dicapai, misalnya saat ini orang yang akan memakai jasa maskapai penerbangan tidak lagi menggunakan travel biro atau menginap di luar kota tidak lagi menggunakan voucher, akan tetapi 99% telah menggunakan e-Commerce,” tandasnya.

Untuk mencapai angka USD130 Miliar tersebut, menurut Menteri Kominfo, Indonesia harus bergerak cepat. “Pemerintah telah menyiapkan sebuah Road Map e-Commerce dengan mengaddres tujuh isu yaitu, funding, tax, consumer protection, cyber security, communication infrastructure, logistic, education and human resource,” jelasnya.

Acara yang dihadiri pelaku bisnis dan peneliti perkembangan dunia bisnis itu dipandu narasumber Rektor Universitas Bina Nusantara Harjanto, President Director PT Valbury Asia Securities Prabowo Johanes Soetikno dan Founder & Chairman Pusat Data Bisnis Indonesia Christianto Wibisono. Dalam acara tersebut Menkominfo Rudiantara menyaksikan pula Penandatanganan Peluncuran Aplikasi Klik Tukang.(dps)

 

kementrian kominfo

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya