UIN Antasari Tawarkan Beasiswa untuk Hafidz Qur’an, MA Darul Azhar Kantongi Peluang

BATULUCIN – Menjadi seorang Hafidz Qur”an merupakan cita-cita setiap umat islam karena ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan, baik itu semasa hidup di dunia terlebih di akhirat kelak.

Oleh sebab itu, banyak orang yang menaruh perhatian lebih kepada para Hafidz Qur’an dimanapun berada. Ada yang menunjukkan perhatian tersebut dalam bentuk mengadakan perlombaan dan ada juga yang memberikan beasiswa pendidikan bagi para Hafidz Qur’an.

Hafidz Quran dianggap sebagai salah satu talenta prestisius yang memang tidak dimiliki semua orang. Tak hanya itu, riset juga menunjukan bahwa orang-orang yang menghafal Al-Qur’an memiliki kecenderungan untuk memiliki konsentrasi yang baik dalam belajar, sehingga akan berdampak juga pada nilai akademik.

Nah, karena hal itulah salah satu perguruan tinggi di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan tak ketinggalan untuk memberikan apresiasi dalam bentuk beasiswa kepada para Hafidz Qur’an tersebut.

Baru-baru ini, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin melakukan kunjungannya ke Madrasah Aliyah (MA) Darul Azhar Tanah Bumbu, yang tentunya berkaitan dengan sosialisasi program beasiswa yang ditawarkan pada salah satu perguruan Islam terbaik di Kalimantan Selatan tersebut.

Sosialisasi sendiri dihadiri dewan guru dan pelajar kelas X dan XI, yang berlangsung di Aula Darul Azhar, Kamis (09/06).

Pada kesempatan itu, Mawardi yang merupakan Kepala Sekolah MA Darul Azhar mengungkapkan, kerjasama pihaknya memang sudah lama berlangsung. Sehingga, menjelang tahun ajaran baru pihak kampus akan selalu menjadikan sekolah swasta dengan akreditasi A ini sebagai titik kunjungan, dengan harapan banyak alumni yang dapat meraih beasiswa di UIN Antasari.

“Program beasiswanya itu untuk siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik, ada juga untuk Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah atau siswa yang hafal Al qur’an mulai dari 10 juz,” jelasnya.

Dengan syarat tersebut, Mawardi optimis bahwa alumni dari MA Darul Azhar sangat bisa berkompetisi untuk beasiswa. Khususnya dalam keagamaan, beberapa siswa bahkan sudah hafal Al Qur’an, dan beberapa lagi berprestasi di bidang Olahraga seperti karate dan pancak silat.

Selain itu, UIN Antasari Banjarmasin sendiri merupakan kampus akreditasi B dengan 5 (Lima) Fakultas Unggulan di dalamnya. Seperti Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dengan jurusan Ilmu Agama Islam, Psikologi dan Filsafat.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan jurusan Ilmu Komunikasi, Bimbingan dan Konseling, Manajemen.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan jurusan Ilmu Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Biologi, Kimia, Fisika, Bimbingan dan Konseling, Sastra Arab, dan Ilmu Perpustakaan.

Serta, Fakultas Syariah dengan jurusan Ilmu Hukum. Kemudian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan jurusan Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah. (Red)

No Responses

Comments are closed.