Pemerintahan

Tingkatkan Pelayanan. Penertiban Dokumen Kependudukan Di Sosialisasikan

BATULICIN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan sosialisasi kependudukan dan pencatatan sipil bagi aparat desa sekecamatan Angsana.

Kegiatan yang diikuti ratusan Ketua RT tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/10) di gedung Serba Guna Desa Banjar Sari Kacamatan Angsana.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan para RT mampu mengetahui tentang tata cara, prosedur dan persyaratan penerbitan dokumen kepedudukan dan pencatatan sipil dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil Kursani saat membuka acara itu.

Dalam kesempatan itu pihaknya turut
memperkenalkan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. 

“Diharapkan pula seluruh Ketua RT memiliki kompetensi yang komprehensif terkait pelaksanaan tugas yang bertujuan dalam rangka tertib administrasi kependudukan hingga di tingkat RT,” sebut Kursani.

Sementara itu, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data, Gento Hariadi mengatakan, sosialisasi tersebut akan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang pelayanan administrasi kependukan baik berupa identitas penduduk maupun legalitas penduduk.

Ditambahkan Gento, sosialisasi tersebut sangatlah penting, hal ini akibat dari adanya regulasi baru dan sistem pelayanan yang belum diketahui oleh peserta.

“Secara realita, peserta sosialisasi merupakan ujung tombak yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat dalam pelayanannya,” tandasnya.

Kedepannya melalui sosialisasi ini dapat memperluas informasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil agar dapat tersebar luas demi maksimalisasi pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Selanjutnya upaya yang akan dilakukan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat adalah memberikan pelayanan secara menyeluruh melalui pelayanan di Kantor Dinas maupun pelayanan via aplikasi Whatsapp,” pungkasnya. (win)

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya