Pemerintahan

Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Gelar Lomba Bercerita dan Mengarang Cerpen

BATULICIN – Guna meningkatkan minat baca kalangan pelajar di Tanah Bumbu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba bercerita dan mengarang cerpen.

Lomba yang digelar di Panggung Utama Mappanreritasi Pantai Pagatan, 19 – 20 April 2019 merupakan rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke 16 Kabupaten Tanah Bumbu dan Pesta Budaya Mappanre Ri Tasi Tahun 2019.

Kegiatan diikuti sebanyak 16 siswa-siswi memperebutkan sertifikat dan uang pembinaan, serta pemenang juara 1 lomba bercerita akan diikutkan mewakili Tanah Bumbu dalam lomba bercerita tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dispersip Tanbu, Ambo Sakka, mengatakan lomba dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat dan budaya membaca untuk mendorong terwujudnya kegemaran membaca pada masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah.

“Ada dua kategori lomba yang digelar yaitu lomba bercerita untuk pelajar SD/MI, dan lomba mengarang cerpen untuk SMP dan SMA sederajat,” sebutnya, Sabtu (20/04/2019).

Terkait lomba bercerita, peserta wajib membawakan cerita rakyat lokal Kalimantan Selatan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk lomba mengarang cerpen, pihak panitia mensyaratkan naskah yang ditulis merupakan karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba apapun.

Adapun pemenang lomba bercerita tingkat SD/MI, Juara 1 dari SDN 1 Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Juara 2 dan 3 dari MI Syarif Abbas Simpang Empat.

Sedangkan pemenang lomba menulis cerpen, Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kusan Hilir, Juara 2 diraih SMAN 1 Kusan Hilir, dan Juara 3 diraih SMAN 1 Angsana.

“Hadiah bagi pemenang lomba akan diserahkan pada tanggal 29 April 2019,” ujarnya. (Rel)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya