Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Guru PAUD, Tanbu Gelar Orientasi Teknis Parenting

 

BATULICIN – Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sesuai dengan standar yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI tentang Standar PAUD, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Orientasi Teknis Parenting Tahun 2017.

Orientasi bagi Pengelola dan Guru PAUD se- Kalimantan Selatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu, 25 -28 April 2017 di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Pola kegiatan orientasi juga melibatkan masyarakat dengan harapan masyarakat dapat memahami program pemerintah khususnya PAUD yang secara tidak langsung masyarakat teredukasi dan dapat mensosialisasikanya kembali dilingkungan sekitarnya.

Parenting merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dilingkungan sekitar yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Adapun aktifitasnya meliputi memberi makan, memberi petunjuk, dan melindungi anak-anak ketika mereka tumbuh dan berkembang.

Sebanyak 50 Pengelola dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Orientasi Teknis Parenting tersebut diantaranya dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Tanah Bumbu, H.M. Idjra’i, saat membuka Orientasi Teknis Parenting se- Kalimantan Selatan menyambut baik dengan dilaksanakanya kegiatan orientasi bagi pengelola dan guru PAUD se-Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia mengatakan demi tercapainya tujuan pembangunan nasional yaitu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya harus dimulai dari mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas. Termasuk melalui pendidikan anak sejak usia dini yang berorientasi pada konsep dasar pembinaan tumbuh kembang anak yang mencakup pengembangan, pendidikan, kesehatan, sosial dan agama.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pembangunan manusia disektor pendidikan yang menjadi salah satu prioritas utama selain kesehatan dan infrastruktur.

Pembangunan program pendidikan itu dilaksanakan bekerjasama dengan TP PKK Tanah Bumbu khususnya pada pendidikan anak usia dini.

“Saat ini melalui PKK, pemerintah daerah terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan anak usia dini. Pendidikan tersebut dengan melaksanakan berbagai upaya, salah satunya yaitu melalui pelatihan,” sebutnya.

Melalui pelatihan itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dengan menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas hingga akhirnya tersiapkannya generasi yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

Wakil Bupati Muh Rusli Salat Id di Mushola Al Madani Pelita 5

admin

Bupati Tanah Bumbu gelar Open House di Istana Anak Yatim

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link