Pemerintahan

Tingkatkan Kapasitas Peran FAD, DP3A Gelar Sosialisasi

BATULICIN – Sebanyak 40 orang anggota Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru mengikuti Sosialisasi Hak Informasi dan Partisipasi FAD dalam pembangunan, bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu, Rabu (13/02).

Sosialisasi dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Kalimantan Selatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sosialisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas peran Forum Anak Daerah dalam hal partisipasi anak untuk terpenuhinya hak anak dan perlindungan anak.

Adapun materi sosialisasi meliputi peran FAD dalam pembangunan, proses perencanaan pembangunan layak anak dalam Musrenbang, partisipasi FAD dalam pembangunan, dan informasi layak anak.

Narasumber pada sosialisasi yaitu DP3A Provinsi, Bappeda Tanbu, dan DKBP3A Tanbu.

Bupati Tanbu, H Sudian Noor, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sartono, saat membuka sosialisasi menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu satu indikator menuju Kabupaten Tanah Bumbu yang layak anak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Menurutnya, kegiatan forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam membangun dan dibentuk untuk menjembatani anak-anak anak dengan pemerintah yang bertujuan agar seluruh komponen bangsa yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan Orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak serta memberikan jaminan terhadap sepenuhnya tanpa perlakuan diskriminatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanbu, Narni, mengatakan Tanah Bumbu sudah mempunyai Forum Anak Daerah (FAD) dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa. (ags)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya