Pemerintahan

Teknologi Tepat Guna Maksimalkan Potensi Desa

BATULICIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan sosialisasi teknologi tepat guna kepada masyarakat desa melalui pemerintah desa masing-masing dengan pemanfaatan teknologi tepat guna di masyarakat desa.

Acara ini dilaksanakan di Gedung Maligai Bersujud Kapet Simpang Empat, Kamis (31/01) dengan menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Pendamping Dana Desa Bidang Penerapan Teknologi Tepat Guna P3MD Kabupaten Tanah Bumbu, dan Badan Perencanaan Daerah serta dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kepala DPMD Kabupaten Tanah Bumbu Nahrul Fajeri melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Pembangunan Desa Sartika Dewi saat menyapaikan laporan mengatakan dengan pelaksanaan sosialisasi ini agar supaya masyarakat desa dapat mengenal dan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam mengelola sumber daya alam di desanya masing-masing. Sehingga pemanfaatan dan nilai keekonomian sumber daya alam yang dikelola dapat dimaksimalkan manfaat dan nilainya ujarnya.

“Kami mengharapkan kegiatan ini nantinya dapat menjadi wadah bagi masyarakat desa dalam memperkenalkan produk unggulan desa masing-masing sehingga nantinya akan dapat menghasilkan produk unggulan yang dikelola dengan penggunaan teknologi tepat guna, yang berdaya saing dan mempunyai nilai jual yang tinggi,” ujarnya.

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Andi Aminuddin mengatakan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat dilakukan pemetaan terhadap potensi-potensi teknologi simpel dan sederhana yang dihasilkan di ruang lingkup desa masing-masing, sehingga dapat disesuaikan dengan visi misi Pemeritah Kabupaten Tanah Bumbu dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa. Dengan adanya produk-produk inovasi sederhana yang dihasilkan oleh masyarakat di desa, diharapkan akan meningkatkan geliat perekonomian lokal.

“Hal ini juga sebagai upaya turut mendorong percepatan kemandirian masyarakat desa, sekaligus guna meningkatkan kualitas dan kuantitas di wilayah perdesaan dalam pengelolaan dan optimalisasi sumber daya alam desa,” jelasnya.

Lanjutnya, Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna kali ini, diharapkan dapat turut mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat, khususnya Teknologi Tepat Guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Camat, Kepala Desa, Pos Pelayanan Teknologi Kecamatan dan pendamping desa P3MD se Tanah Bumbu. (adi)

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya