Pemerintahan

Tanbu Usulkan Pembentukan BNNK

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), Kalimantan Selatan, mengusulkan pembentukan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) ke Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kepala Bidang Kepemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, Aini, di Batulicin, Senin (25/9) mengatakan keberadaan BNNK di Tanah Bumbu sudah sangat dibutuhkan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) di daerah tersebut.

“Sebenarnya pada periode 2010 Tanah Bumbu sudah memiliki Lembaga Badan Narkotika Kabupaten (BNK), akan tetapi hanya berjalan beberapa bulan dan sampai saat ini tidak aktif lagi, karena sesuatu hal,” katanya,

Ia mengatakan, periode 2015 Tanah Bumbu mulai mengusulkan kembali terkait pembentukan BNNK ke BNN, akan tetapi dalam prosesnya masih ada beberapa berkas atau persyaratan yang diminta oleh BNN ada yang belum lengkap.

Terkait dengan usulan pendirian BNNK di Tanah Bumbu, pihaknya mendapat arahan dari BNN agar mengikuti prosedur di antaranya pengajuan kepada Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) yang kemudian akan dilanjutkan ke BNN.

Teknisnya, Tanah Bumbu mengusulkannya ke Badan Narkotika Nasional Provinsi untuk pendirian BNNK, mengenai prosedur dan struktur nantinya akan diterbitkan petunjuk pelaksanaan dari BNNP.

Saat ini Kabupaten Tanah Bumbu sudah menyiapkan lahan seluas dua hektare untuk pembuatan perkantoran BNNK. Lahan yang disiapkan tersebut memenuhi persyaratan berdirinya BBNK dari usulan yang sebelumnya sudah diajukan pada periode 2015.

“Keberadaan BNNK di Tanah Bumbu sangat dibutuhkan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba), dan kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini dimana peredaran narkoba, obat-obat terlarang sudah mewabah hingga ke pelajar dan mahasiswa,” paparnya. (Sujud/Mc-Tanbu).

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya