Pemerintahan

Tanbu Peringati Harkitnas ke 109 dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan ke 68

BATULICIN – Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 68 di gelar di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin, Senin (22/5) pagi.

Upacara bendera dimulai pukul 08.00 Wita dengan melibatkan peserta dari Kodim 1022 Tanah Bumbu, Lanal Kotabaru Tanah Bumbu, Polres Tanah Bumbu, dan Jajaran Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM. Idjra’I. Sedangkan Komandan Upacara dipimpin oleh Kapten Inf Wahyono.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dimulai dengan Pembacaan Sejarah Peristiwa Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Selanjutnya, pengibaran bendera merah putih yang dibawakan oleh pengibar bendera dari pelajar puteri SMAN 1 Simpang Empat atas nama Noormina, Ajeng Ayu Juwita Cahyana, dan Fatmawati.

Usai pengibaran bendera, Inspektur Upacara mengajak seluruh peserta untuk mengheningkan cipta sejenak mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila. Pembukaan UUD Negara Indonesia tahun 1945 dibacakan oleh Hj. Darwati.

Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang dibacakan oleh Ahmad Faizin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu.

Dalam Amanatnya, Inspektur Upacara H.M. Idjra’i yang membacakan Sambutan tertulis Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengajak agar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 dan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke 68 dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat semangat nasionalisme.

Menurutnya kemajemukan suku, agama, dan budaya serta kemajemukan lainya yang dimiliki Indonesia jangan sampai mencerai-beraikan bangsa Indonesia. Beda pandangan politik dan beda kepentingan adalah suatu dinamika yang perlu dihormati dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kebangsaan diatas segala-galanya.

Upacara di tutup dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan oleh pelajar SMPN 2 Kusan Hilir dan Doa. Selanjutnya rombongan melaksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Mattone di Kusan Hilir. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya