Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

Bagikan

ATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Riduan mengikuti rapat koordinasi (Rakoor) pengendalian inflasi daerah secara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang terhubung ke Digital Live Room (DLR) Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (24/1/2023).

Rakoor tersebut untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia yang digelar belum lama tadi.

Arahan Presiden tersebut ditindaklanjuti langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan menggelar Rakoor pengendalian inflasi daerah.

Adapun perihal yang dipaparkan Tito Karnavian dari arahan Presiden dalam hal pengendalian inflasi, yaitu, pertama para Kepala Daerah diminta memantau langsung dilapangan, dan hati-hati dalam mengatur tarif PDAM maupun angkutan umum.

Kedua,turunkan kemiskinan extrem sampai target 0 persen pada 2024.

Ketiga, mendorong Kepala Daerah untuk turunkan stunting dibawah 14 persen di tahun 2024.

Keempat, segera selesaikan dua masalah besar investasi yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) dan persetujuan bangunan gedung (PBGD).

Kelima, maksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan bangun dana abadi dan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk produk buatan dalam negeri.

“Yang tak kalah penting dalam penanganan ini adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pemilihan umum (pemilu) ditahun 2024, “tuturnya. (win)

No Responses

Tinggalkan Balasan