Pemerintahan

Surga Tersembunyi di Tanah Bumbu

Pantai Angsana??? Mungkin terdengar asing di telinga kita, Jika dibandingkan dengan Pantai Pagatan atau Pulau Salak, Pantai Angsana masih jauh kalah populer. Padahal jika melihat potensi dan keindahan pasir putih serta pesona biota lautnya, pantai ini jauh melebihi keduanya. Sayangnya potensi wisata dan budaya bahari  yang ada  masih belum optimal dikembangkan.

Pantai Angsana terletak di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Perlu setidaknya 2- 3 jam dari Batulicin dan 5-6 jam jika menempuh perjalanan darat dari Kota Banjarmasin. Merupakan pantai dengan hamparan pasir putih dan keindahan pesona bawah laut yang luar biasa.  Selain, menikmati deburan ombak, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik di pantai ini mulai dari memancing, menikmati sunset atau sekedar bermain jet ski, dan banana boat. Namun, ada satu aktivitas yang sangat rugi jika and lewatkan, yaitu snorkling.

Terumbu Karang dan Ikan Badut, Pantai Angsana Gugusan terumbu karang beragam bentuk dan beraneka warna membuat aktivitas snorkling seakan hal wajib yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke pantai ini. Ada tiga spot snorkling dan diving yang populer di kawasan ini yaitu  Batu Anjir, Sungai Dua Laut dan Karang Kima. Peralatan bisa disewa di tempat penyewaan alat snorkling dan diving setempat. Sedangkan untuk menuju spot biasanya menggunakan perahu nelayan. Umumnya penyewaan alat untul aktivitas snorkling dan diving berupa paket jadi sudah termasuk, kapal dan dive master.

Dan Pemkab TanBu sudah mulai mengembangkan Pantai Angsana ini dengan memberikan izin pembangunan Ressort dan Villa. Alternatif lain bagi wisatawan yang ingin menikmati bermalam di alam liar bisa menyewa tenda yang disewakan.

Selain itu, Kawasan Pantai Angsana yang pernah masuk dalam nominasi Cipta Sapta Pesona pada tahun 2010 karena keindahan terumbu karangnya. Sayangnya keindahan terumbu karang ini terancam oleh keberadaan pelabuhan khusus batu bara. Warga khawatir serpihan material batu bara akan mencemari perairan laut dan akan mengganggu kelestarian terumbu karang yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi biota lainnya termasuk ikan. Dan berharap Pantai Angsana dapat masuk kembali dalam nominasi tersebut yang bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi.

/Media Center Tanbu

Berita Terkait

Pemkab Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Tanah Bumbu

admin

Kontribusi Dalam Pemenuhan Hak Anak, Apresiasi Untuk PT Arutmin Site Batulicin

admin

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya